PJJ IPS KELAS 7

Faktor Yang Mempengaruhi Kita Dalam Berinteraksi Sosial

Faktor Yang Mempengaruhi Kita Dalam Berinteraksi Sosial, Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kita dalam berinteraksi sosial, antara lain sebagai berikut:

  1. Faktor imitasi, yaitu proses seseorang mencontoh orang lain atau kelompok. Contohnya, seorang anak perempuan bermain masak-masakan karena melihat ibunya saat memasak, anak laki-laki memperbaiki sepedanya karena meniru ayahnya saat memperbaiki motor.
  2. Faktor sugesti, yaitu pengaruh yang menggerakkan hati seseorang. Contohnya seorang anak membeli body lotion karena ingin memiliki kulit putih seperti model iklan body lotion tersebut, pasien yang sakit akan cepat sembuh salah satunya karena rasa sugesti pada dokter yang merawatnya.
  3. Faktor identifikasi, yaitu kecenderungan menjadi sama/ berusaha menjadi sama dengan orang lain. Contohnya, seorang anak yang mengidolakan pemain sepak bola kemudian anak tersebut mencukur rambutnya mirip dengan idolanya serta berupaya memakai pakaian dan aksesoris yang sama dengan idolanya.
  4. Faktor simpati, yaitu kemampuan untuk merasakan seolah-olah ikut merasakan apa yang dirasakan orang lain. Contohnya, seorang anak mengucapkan selamat ulang tahun sambil tersenyum kepada temannya karena ikut merasakan perasaan bahagia.

Tidak semua tindakan manusia merupakan interaksi sosial

Suatu tindakan manusia dikatakan sebagai interaksi sosial apabila memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Jumlah pelakunya lebih dari seorang, biasanya dua atau lebih.
  2. Berlangsung secara timbal balik.
  3. Adanya komunikasi antarpelaku dengan menggunakan simbol-simbol yang disepakati.
  4. Adanya suatu tujuan tertentu.

Jadi interaksi sosial ialah hubungan-hubungan antara orang perorangan, antara kelompok manusia, maupun antara orang perorangan dan kelompok manusia.

Interaksi sosial dalam kehidupan bermasyarakat (ilustrasi foto/delikkalbar.com)

Terdapat syarat interaksi sosial, yaitu kontak sosial dan komunikasi, dengan ciri terdiri dari dua orang atau lebih, komunikasi berlangsung timbal balik serta memiliki tujuan tertentu.

Baca juga Menganalisis persamaan dan perbedaan antar negara anggota ASEAN

Beberapa faktor yang terjadi dalam kehidupan kita dapat mempengaruhi proses interaksi sosial antar sesama di masyarakat, misalnya faktor imitasi, sugesti, identifikasi atau simpati. (Kontbr/bgku)

Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button