Advertisement
Advertisement
ArtikelBerita

Pentingnya Pendidikan Seksual Sejak Dini, Kenali dan Jangan Tunda Lagi

Advertisement

Pentingnya pendidikan seksual sejak dini perlu Anda pahami sebagai orang tua. Ingatlah jika lingkungan keluarga merupakan lingkup yang pertama kali bertanggung jawab atas segala yang menimpa anak.

Kekerasan seksual terhadap anak sering terjadi belakangan ini. Mirisnya, pelaku pelecehan justru orang-orang terdekatnya. Hal ini tentu menjadi PR buat semua orang tua, termasuk tenaga pendidik.

Kenali Lebih dalam Arti Pentingnya Pendidikan Seksual Sejak Dini

Di negara kita, pengetahuan seputar seks masih dianggap sesuatu yang jorok atau vulgar. Tak jarang para orang tua kebingungan untuk memberikan penjelasan dan informasi yang tepat saat anak mulai tertarik dan menanyakannya. Hal penting yang harus Anda ketahui adalah jangan sampai anak mendapatkan informasi seputar seks dari sumber yang tidak bisa dipercaya.

Advertisement

Terlebih era digital saat ini pornografi semakin mudah ditemukan di dunia maya. Tinggal klik dan anak bebas menemukan apapun termasuk hal-hal yang sebenarnya tak baik dikonsumsi oleh mereka.

Inilah salah satu sumber fatal yang memberikan edukasi salah terkait pengetahuan seks. Berikut alasan penting mengapa pendidikan seksual perlu diajarkan sejak kecil supaya Anda bisa memberikan penjelasan yang tepat.

Memenuhi Rasa Ingin Tahu Anak dengan Tepat

Usia pra remaja adalah fase dimana anak memiliki keingintahuan yang besar. Dalam hal ini termasuk memahami perilaku seksual, perkembangan organ reproduksi, perbedaan antara laki-laki dan perempuan, beserta batasan-batasan perkataan dan perbuatan yang tidak boleh diabaikan begitu saja.

Secara tidak langsung Anda telah mengajarkan anak agar lebih mawas diri sehingga mereka memiliki bekal untuk melindungi diri sendiri.

Persiapan Saat Memasuki Usia Pubertas

Hormon yang bekerja saat memasuki masa puber menjadi cukup aktif. Hal ini mengakibatkan terjadinya perubahan pada beberapa bagian bentuk tubuh.

Misal pada anak perempuan perubahan fisik yang terjadi antara lain pinggul membesar, payudara membesar, dan mengalami menstruasi. Sedangkan perubahan fisik yang dialami anak laki-laki diantaranya adalah tumbuh jakun, suara menjadi lebih besar, dan mimpi basah.

Advertisement

Perubahan tersebut tentu membuat anak kaget. Nah, disinilah pentingnya pendidikan seksual harus diberikan kepada anak sejak dini, yakni supaya anak lebih siap menghadapi masa-masa pubernya.

Baca juga Beberapa Langkah Penting Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula!

Menyadarkan Bagaimana Agar Anak Bisa Menjaga Organ Reproduksinya

Angka kekerasan seksual terhadap anak terus menunjukkan peningkatan. Terkadang mereka tidak menyadari bahwa apa yang diperbuat atau dikatakan oleh orang lain sebenarnya tidak sopan dan sudah termasuk tindakan asusila.

Advertisement

Misalnya siulan, sentuhan, menatap atau melihat tubuh dari atas sampai bawah, candaan cabul, menghalangi gerakan, disentuh dsb. Di sinilah letak pentingnya pendidikan seksual sejak dini, bahwa anak harus sebisa mungkin menjaga organ intimnya, baik dari gangguan lawan jenis maupun sesama jenis. 

Selain menjaga agar tidak disentuh orang, ajarkan anak supaya menjaga kebersihan dan kesehatan organ intimnya. Tidak mungkin bukan Anda yang akan melakukannya saat usianya menjelang remaja. Jadi, sejak dini kenalkan kepada anak bagaimana cara membersihkan organ intim yang benar.

Baca juga Cara Belajar Efektif dan Efisien yang Bisa Anda Ikuti dengan Mudah!

Advertisement

Sebagai Upaya Pencegahan agar Anak Tidak Melakukan Aktivitas Seksual yang Tidak Semestinya

Pengetahuan yang didapat anak sebaiknya lebih ditekankan agar mereka tidak melakukan aktivitas seksual sebelum waktunya meskipun hanya dalam konteks coba-coba. Selain mencegah agar anak tidak menjadi pelaku aktivitas seksual yang tidak benar, pendidikan seksual juga menekankan kepada anak tentang cara menolak, menghindar, berteriak, bahkan berontak ketika anggota tubuhnya disentuh oleh orang lain. 

Dengan mengajarkan pendidikan seksual sejak dini, berarti secara tak langsung Anda juga telah membangun kesadaran pada anak jika hubungan seksual hanya boleh dilakukan dalam konteks pernikahan saja. Ingatlah jika saat ini kasus kehamilan dini tengah menjadi sorotan publik.

Dengan demikian, anak juga akan terhindar dari penyakit kelamin berbahaya seperti HIV AIDS. Mengingat begitu pentingnya pendidikan seksual sejak dini ada baiknya mulai diajarkan dari sekarang. Kalau tidak sekarang, kapan lagi?

Gambar. Pentingnya Pendidikan Seksual Sejak Dini (foto/istimewa)

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button