PJJ IPS KELAS 7

Senangnya Berinteraksi Sosal di Masyarakat dan Saling Tegur Sapa

Senangnya Berinteraksi Sosal di Masyarakat dan Saling Tegur Sapa, Tahukah Ananda, bahwa kita sebagai manusia tidak dapat hidup sendiri?Pernahkah dalam sehari, Ananda tidak berbicara dengan sesama?

Apakah Ananda memerlukan pertolongan sesama manusia untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari? Bayangkan bila kita hidup sendiri di dunia ini! Di dunia ini, tidak ada satupun manusia yang dapat hidup sendiri. Sejak dilahirkan hingga ke liang lahat, manusia selalu saling membutuhkan.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, baik yang sifatnya material atau spriritual manusia memerlukan bantuan yang kemudian melahirkan dorongan alamiah untuk berhubungan antar orang perorangan maupun kelompok.

Kegiatan berhubungan dengan orang lain dalam memenuhi kebutuhan hidup yang berlangsung sepanjang hayat ini haruslah dipahami aturan-aturannya oleh semua anggota masyarakat agar melahirkan kehidupan yang harmonis. Oleh karena itu materi mengenai interaksi sosial sangatlah penting untuk kita pelajari.

Pengertian, Syarat dan Ciri Interaksi Sosial

Senangnya Berinteraksi Sosal, saling menyapa atau melakukan komunikasi dan kontak sosial berupa simbol-simbol yang telah disepakati, misalnya mengangkat tangan, mengangkat jempol, menganggukkan kepala tersenyum dan lain sebagainya, selalu kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini kita akan membahas mengenai pengertian, syarat dan ciri interaksi sosial.

Kegiatan belajar dalam Kelas (ilustrasi foto/seidoo)

Perhatikan gambar diatas, kegiatan pembelajaran di kelas, dimana sekelompok siswa sedang melakukan presentasi atas tugas yang diberikan guru. Tentunya terdapat kontak sosial dan komunikasi antar pihak yang terlibat dengan tujuan yang sama, yaitu kegiatan belajar mengajar dalam kelas.

Interaksi sosial

Adalah hubungan-hubungan antara orang perorangan, antara kelompok manusia, maupun antara orang perorangan dan kelompok manusia di masyarakat. Dalam interaksi sosial, hubungan yang terjadi harus dilakukan secara timbal balik oleh kedua belah pihak. Artinya kedua belah pihak harus saling merespon. Proses interaksi sosial akan terjadi apabila diantara pihak yang berinteraksi melakukan syarat interaksi sosial, yaitu kontak sosial dan komunikasi.

Kontak sosial secara harfiah dapat dikatakan menyentuh, baik secara langsung (fisik) maupun tidak langsung (tanggapan atas tindakan, misalnya seseorang menelpon lalu telpon tersebut diangkat oleh penerima).

Baca juga Wajah Negara-negara ASEAN (Association of Southeast Asian Nations)

Sementara komunikasi ialah tafsiran/perasaan tafsiran pada perilaku orang lain, atau perasaan-perasaan yang ingin disampaikan kepada orang lain. Ketika kedua syarat ini terjadi dan saling merespon antar satu sama lain, maka terjadilah proses interaksi sosial. Agar terjadi kontak dan komunikasi yang baik, kita harus mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. (Kontbr/bgku)

Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button