PJJ IPS KELAS 7

Fungsi Lembaga Sosial dan Jenisnya yang Berkembang di Masyarakat

Fungsi Lembaga Sosial dan Jenisnya yang Berkembang di Masyarakat, Ananda tentu sudah paham mengenai terbentuknya lembaga sosial, pada pembelajaran kali ini Ananda akan mendapat materi tentang jenis dan fungsi lembaga sosial.

Berbagai lembaga sosial memiliki fungsi sendiri-sendiri yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan manusia dalam kehidupan bermasyarakat.

Menjelaskan Fungsi Lembaga Sosial

Lembaga sosial tumbuh karena kebutuhan masyarakat untuk tujuan mendapatkan keteraturan kehidupan bersama. Lembaga sosial memiliki peran dan fungsi bagi masyarakat dalam rangka mencukupi kebutuhan pokok atau dasar tiap-tiap anggota masyarakatnya.

Berbagai lembaga sosial yang terdapat di dalam masyarakat mempunyai fungsi sendiri-sendiri yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan manusia. Berikut ini fungsi lembaga sosial secara umum, yaitu:

  1. Memberikan pedoman bertingkah laku menyangkut pemenuhan kebutuhan hidup.
  2. Menjaga keutuhan masyarakat yang bersangkutan agar hidup serasi dan harmonis di lingkungan masyarakat.
  3. Memberikan pedoman kepada masyarakat untuk mengadakan system pengendalian sosial (control sosial/pengawasan) di masyarakat.

Berikut ini jenis dan fungsi lembaga sosial:

a. Lembaga Keluarga

Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang terdiri dari; ayah, ibu dan anak. Keluarga terbentuk dari perkawinan yang sah menurut agama, adat dan pemerintah. Lembaga keluarga memiliki fungsi sebagai berikut:

No.FungsiPengertian
1ReproduksiPernikahan diharapkan dapat memberi keturunan.
2EkonomKeluarga dapat memfungsikan perekonomian secara efektif dan efisien
3SosialisasiKeluarga merupakan tempat sosialisasi pertama sebelum seorang anak terjun ke masyarakat, anakanak diajarkan cara menjalankan kehidupan yang sesuai dengan nilai dan norma di masyarakat.
4AfeksiKeluarga merupakan tempat mencurahkan kasih sayang dan perhatian.
5ProteksKeluarga memberikan perlindungan dan rasa aman.
6Pengawasan sosialSetiap anggota keluarga pada dasarnya saling control dan memiliki tanggung jawab untuk menjaga nama baik keluarga.
7Pemberian statusSeseorang akan mendapatkan status/kedudukan di masyarakat setelah menjadi keluarga.

b. Lembaga Agama

(ilustrasi foto/madani indonesia)

Lembaga agama adalah system keyakinan dan praktek keagamaan dalam masyarakat yang telah dirumuskan dan dibakukan. Lembaga agama merupakan suatu lembaga atau institusi penting yang mengatur kehidupan rohani manusia.

Pendidikan agama menuntun individu untuk berprilaku baik terhadap sesama manusia, makhluk hidup lain dan alam sekitar. Berikut ini fungsi lembaga agama:

NoFungsiPengertian
1Pedoman hidupSebagai pedoman hidup dalam hubungannya dengan tuhan, sesama dan alam sekitar.
2Sumber kebenaranAgama mengajarkan keselamatan dunia dan akhirat untuk mencapai kebahagiaan dan ketidakmampuan manusia.
3Pengatur hubunganAgama sebagai pengatur tata cara berhubungan dengan manusia dan Tuhan.
4Tuntunan prinsip benar dan salahAgama merupakan tuntunan agar manusia terhindar dari kesalahan.
5Pedoman mengungkapkan perasaan terhadap sesamaDalam agama, kita diwajibkan untuk berbuat baik terhadap sesama.
6Pedoman keyakinan dalam perbuatanAgama menuntun kita untuk berbuat kebaikan walaupun sekecil apapun yang nantinya akan mendapatkan pahala.
7Pedoman keberadaanPada hakikatnya agama mengajarkan bahwa manusia dan semesta merupakan ciptaan Tuhan.
8Pedoman rekreasi dan hiburanAgama dapat dijadikan sarana rekreasi dan hiburan untuk mencapai kepuasan bathin.

c. Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi lahir sebagai suatu usaha manusia menyesuaikan diri dengan alam untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka yang berkaitan dengan pengaturan dalam bidang-bidang ekonomi dalam rangka mencapai kehidupan yang sejahtera dan terpenuhinya kebutuhan masyarakat. Berikut ini fungsi lembaga ekonomi:

  1. Memberi pedoman untuk mendapatkan bahan pangan
  2. Memberi pedoman untuk melakukan pertukaran barang atau barter
  3. Memberi pedoman tentang harga jual beli barang
  4. Memberi pedoman untuk menggunakan tenaga kerja
  5. Memberi pedoman tentang cara pengupahan
  6. Memberi pedoman tentang cara pemutusan hubungan kerja
  7. Memberi identitas bagi masyarakat

d. Lembaga Pendidikan

Lembaga Pendidikan adalah lembaga atau tempat berlangsungnya proses Pendidikan dengan tujuan untuk mengubah tingkah laku individu kearah yang lebih baik melalui interaksi dengan lingkungan sekitar.

Lembaga pendidikan merupakan sebuah lembaga yang menawarkan pendidikan formal mulai dari jenjang pra-sekolah sampai ke Pendidikan tinggi, baik umum maupun khusus.

Selain sekolah sebagai lembaga formal, terdapat juga lembaga non-formal yaitu tempat kursus/les dan lembaga informal yaitu keluarga yang pada intinya kesemua itu memberikan arah terhadap pertumbuhan dan perkembangan manusia dan lingkungannya.

Secara fundamental lembaga Pendidikan berfungsi untuk mengatur pemenuhan kebutuhan terhadap Pendidikan.

Mengenai fungsi lembaga Pendidikan, ada dua yaitu fungsi manifes (fungsi yang disadari) dan fungsi laten (fungsi yang tidak disadari), antara lain sebagai berikut:

Fungsi manifes (disadari)Fungsi laten (tidak disadari)
Mempersiapkan anggota masyarakat untuk mencari nafkah.Mengembangkan bakat seseorang.Melestarikan kebudayaan masyarakat.Menanamkan keterampilan.Mengurangi pengendalian orang tua.Mempertahankan system kelas sosial (status seseorang di masyarakat).Memperpanjang masa remaja.

e. Lembaga Politik

(ilustrasi foto/kemenristek)

Lembaga politik merupakan suatu lembaga yang mengatur pelaksanaan dan wewenang yang menyangkut kepentingan masyarakat agar tercapai suatu keteraturan dan tata tertib kehidupan bermasyarakat.

Lembaga politik merupakan keseluruhan tata nilai dan norma yang berkaitan dengan kekuasaan. Lembaga politik yang berkembang di Indonesia adalah:

1. Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) 2. Presiden dan Wakil Presiden 3. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) 4. Dewan Perwakilan daerah (DPD) 5. Pemerintahan Daerah 6. DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/Kota 7. Partai Politik.

Berikut ini fungsi lembaga politik ialah:

  1. Memelihara ketertiban dalam negeri
  2. Mengusahakan kesejahkteraan umum

Baca juga Menganalisis Kondisi Iklim Indonesia Yang Berada di Wilayah Tropis (Kontbr/bgku)

Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button