Advertisement
Advertisement
Advertisement
PJJ IPS KELAS 7

Mengidentifikasi Sebaran dan Pemanfaatan Flora di Indonesia

Advertisement

Mengidentifikasi Sebaran dan Pemanfaatan Flora di Indonesia, Flora adalah semua jenis tumbuhan yang merupaan kekayaan alam suatu tempat. Indonesia sebagai negara yang dilintasi garis khatulistiwa memiliki keanekaragaman flora yang besar yaitu sebagai salah satu negara yang memiliki hutan terluas di dunia (posisi ke-9).

Faktor keragaman flora juga fauna di Indonesia dipengaruhi oleh iklim, tanah, bentang alam (relief permukaan bumi). Suhu dan curah ujan yang besar yang memungkinkan tumbuhnya beragam jenis tumbuhan. Makin banyak air yang tersedia, makin banyak tumbuhan yang tumbuh, makin banyak pula hewan yang hidup di daerah tersebut.

Mengidentifikasi Ciri-Ciri Tipe fauna

Fauna Indonesia memiliki keanekaragaman yang tinggi karena wilayahnya yang luas dan berbentuk kepulau tropis. Jenis fauna di Indonesia dibagi ke dalam 3 tipe zona fauna berdasarkan wilayah persebarannya.

Advertisement

Ada fauna tipe Asiatis dengan wilayah persebaran di Indonesia bagian barat, fauna tipe peralihan dengan wilayah persebaran di Indonesia tengah dan tipe Australis yang wilayah persebarannya meliputi wilayah Indonesia bagian timur.

Mengidentifikasi Sebaran Fauna Indonesia

Mengidentifikasi Sebaran dan Pemanfaatan Flora di Indonesia, setelah mengetahui tipe tipe fauna, Adapun jenis fauna tipe Asiatis yang hidup di Indonesai bagian barat yaitu gajah, macan, tapir, badak bercula satu, banteng, kerbau, rusa, babi hutan, orang utan, monyet, bekantan,dan berbagai jenis reptil.

Untuk tipe pelarihan jenis faunanya yaitu babi rusa, anoa, ikan duyung, kuskus, monyet hitam, kuda, sapi, monyet saba, beruang, tarsius, sapi, dan banteng.

Selain itu terdapat pula reptil, Amphibi, dan berbagai jenis burung. Sedangkan tipe fauna Indonesia timur yaitu kanguru, beruang, walabi, landak papua, kuskus, pemanjat berkantung (oposum layang), kangguru pohon, dan kelelawar.

Faktor Keberagaman Flora dan Fauna Indonesia

Fauna Indonesia (ilustrasi foto/siswapedia)

Besarnya keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia berkaitan erat dengan kondisi iklim dan kondisi fisik wilayah. Suhu dan curah hujan yang besar memungkinkan tumbuhnya beragam jenis tumbuhan.

Baca juga Kerajaan Medang Kamulan merupakan Kerajaan lanjutan Mataram Kuno

Advertisement

Semakin banyak air tersedia semakin banyak tumbuhan yang dapat tumbuh dan karena itu semakin banyak hewan yang dapat hidup di daerah tersebut.

Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button