PJJ IPS KELAS 8

Menganalisis persamaan dan perbedaan antar negara anggota ASEAN

Menganalisis persamaan dan perbedaan antar negara anggota ASEAN, Negara ASEAN terdiri dari 10 Negara, yang sebagian besar berbentuk pemerintahan Republik. Negara anggota ASEAN sebagian merupakan negara kepulauan, Apakah Ananda pernah membayangkan bagaimana kondisi alam yang ada di negara-negara ASEAN?

Mayoritas penduduk ASEAN bermatapencaharian di bidang pertanian, Apakah ananda ingin tahu bagaimana karakteristik dari penduduk dan perekonomiannya? Pada materi kali ini kita akan membahas mengenai pemerintahan, kondisi alam dan karakteristik penduduk ASEAN yang beranekaragam.

Pemerintahan

ASEAN di Indonesia sering pula disebut sebagai PERBARA atau Persatuan Bangsa-bangsa Asia Tenggara. ASEAN sendiri didirikan pada tanggal 1967 dengan berdasar pda Deklarasi Bangkok.

Negara yang tercatat sebagai pelopor ASEAN antara lain Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina dan terakhir Thailand.

Bagaimana dengan bentuk pemerintahan negara anggota ASEAN? Perhatikan tabel di bawah ini!

NONAMA NEGARAIBU KOTABENTUK PEMERINTAHANKEPALA PEMERINTAHAN
1IndonesiaJakartaRepublikPresiden
2MalaysiaKuala LumpurMonarki konstitusiPerdana menteri
3Brunei DarussalamBandar Seri BegawanKesultananSultan
4FilipinaManilaRepublikPresiden
5KambojaPhnom PenhRepublik komunis PPerdana Menteri
6LaosVientianeRepublik KomunisPerdana Menteri
7MyanmarYangonRepublikPerdana Menteri
8SingapuraSingapuraRepublikPerdana Mmenteri
9ThailandBangkokKerajaan KonstitusionalPerdana Menteri
10VietnamHanoiRepublik KomunisPerdana Menteri

Keadaan Alam

Kondisi alam (ilustrasi foto/kumparan)

Menganalisis persamaan dan perbedaan, kawasan Asia Tenggara terdiri atas daratan utama (mainland) dan pulau-pulau yang berdekatan dengannya. Daratan utamanya berbentuk semenanjung yang dikenal dengan sebutan Indo-Cina.

Bentang alam yang umum tampak di kawasan Asia Tenggara adalah pegunungan, perbukitan, dataran tinggi, dan dataran rendah. Apakah ananda ingin tahu pegunungan di ASEAN? Asia terletak pada pertemuan lempeng-lempeng tektonik.

Ini membuat aktivitas seismik dan gunung api sangat tinggi. Gugusan kepulauan di Asia Tenggara mulai dari Indonesia, Filipina, hingga daratan Indo-China, dipenuhi gunung.

Baca juga Menganalisis Pengaruh Hindu-Buddha Terhadap Masyarakat di Indonesia

Bagaimana dengan lautnya? Kawasan Asia Tenggara diapit Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Bentuknya yang berupa gugusan kepulauan membuat banyak laut di antara negara-negara di Asia Tenggara. Beberapa laut yang ada yakni:

  • Laut Cina Selatan dikelilingi Vietnam, Thailand, Kamboja, Filipina, Malaysia, Indonesia, Brunei dan Singapura.(Dangkalan Sunda dan Palung Cina) Laut Sulawesi antara Filipina Selatan (Mindanao) dan Sabah (Malaysia).
  • Laut Banda dikelilingi Sulawesi Tenggara, NTT, dan Pulau Atauro (Timor Leste) Laut Sulu antara Sabah (Malaysia), Kepulauan Sulu, Pulau Palawan, dan Mindanao (Filipina)
  • Teluk Thailand
  • Selat Karimata
  • Selat Malaka
Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button