PJJ IPS KELAS 7

Sikap atau Prilaku Berinteraksi Sosial Yang Baik di Masyarakat

Sikap atau Prilaku Berinteraksi Sosial Yang Baik di Masyarakat, Interaksi sosial tidak dapat terpisahkan pada diri seorang manusia. Manusia disebut makhluk sosial, karena ia memiliki gregoriousness yaitu suatu naluri untuk hidup dengan orang lain.

Berlangsungnya suatu interaksi dibatasi oleh aturan yang mengatur manusia agar interaksi dapat berjalan baik di lingkungan masyarakat. Ada tiga jenis aturan, yaitu aturan mengenai ruang, waktu dan gerak atau sikap tubuh.

Aturan mengenai ruang di mana terjadinya interaksi sosial tersebut. Misalnya interaksi di rumah, antar anak dan orang tua, di sekolah antar siswa dan guru, di masyarakat, antar teman dan orang yang lebih tua atau muda. Aturan mengenai waktu, yaitu aturan mengenai interaksi itu terjadi, misalnya interaksi sosial dulu dan sekarang.

Aturan mengenai gerak dan sikap tubuh, dalam berinteraksi dengan orang lain dapat membaca pikiran dan tindakan kita yang memiliki makna tertentu seperti menganggukkan kepala atau mengacungkan jempol. Ananda tentunya telah paham mengenai aturan dalam berinteraksi, dan dalam kehidupan sehari-hari mungkin telah melaksanakannya.

Rangkuman Interaksi Sosial

Manusia ialah makhluk sosial, maksudnya ialah sejak manusia lahir sampai meninggal, selalu mendapat atau membutuhkan bantuan dari orang lain.

Kegiatan Kebersihan di sekolah bagain dari aktivitas interaksi sosial (ilustrasi foto/suara merdeka solo)

Sikap atau Prilaku Berinteraksi sosial, kegiatan berhubungan satu sama lain, antar individu dan individu, antar individu dan kelompok serta kelompok dan kelompok disebut interaksi sosial. Terdapat kontak sosial dan komunikasi dalam suatu interaksi sosial. Interaksi sosial bertujuan memenuhi segala kebutuhan hidup.

Baca juga Penduduk Asia Tenggara dan Suku Bangsa Negara-negara ASEAN

Beberapa faktor yang mempengaruhi proses interaksi sosial seseorang antara lain;

  • imitasi (meniru sifat seseorang),
  • identifikasi (berusaha menjadi sama dengan orang lain, baik sifat/tingkah maupun pakaian dan aksesoris),
  • sugesti (pengaruh yang ditimbulkan dari melihat/ mendengar sesuatu) dan
  • simpati (ikut merasakan yang orang lain rasakan). (Kontbr/bgku)
Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button