Advertisement
Advertisement
PJJ IPS KELAS 7

Kegiatan Interaksi Sosial Tentu Tidak Dapat di Batasi

Advertisement

Kegiatan interaksi sosial tentu tidak dapat di batasi, terlebih di era globalisasi seperti saat ini. Era globalisasi yang kian pesat membuat interaksi sosial semakin mudah dilakukan, hal ini didukung oleh teknologi komunikasi, jaringan internet serta alat transportasi.

Interaksi dalam ruang yang berbeda dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Interaksi secara langsung misalnya ketika seseorang pulang kampung/bertemu langsung dengan seseorang yang berada pada lingkungan yang berbeda, sementara inteaksi tidak langsung dapat dilakukan dengan telepon/media sosial.

Proses interaksi sosial di lembaga sosial tentunya berpengaruh pada pribadi setiap individu, selajutnya juga akan berpengaruh terhadap kehidupan di masyarakat.

Advertisement

Misalnya proses interaksi sosial pada lembaga pendidikan mampu menjadikan seseorang menjadi sopan dan santun dalam bertindak. Proses interaksi sosial pada lembaga ekonomi dapat menjadikan seseorang mampu mengatasi masalah ekonomi dengan bekerja sesuai kemampuannya.

Interaksi sosial pada lembaga politik yang membuat masyarakat berperan membuat kebijakan dapat membuat interaksi yang harmonis antara pemerintah dengan masyarakat. Berikut ini manfaat yang dapat diperoleh dari interaksi sosial di lembaga:

  1. Tercapainya tujuan dari lembaga sosial.
  2. Melatih individu untuk dapat berinteraksi dengan karakter yang berbeda di lembaga.
  3. Melatih jiwa kepemimpinan yang baik dalam hidup berlembaga.
  4. Memperluas relasi dan wawasan.

Pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda diharapkan dapat menciptakan kehidupan sosial dan budaya yang mampu mempererat kehidupan berbangsa.

Rangkuman

(ilustrasi foto/istimewa)

Kegiatan interaksi sosial sering kita lakukan dalam ruang yang berbeda, misalnya interaksi yang dilakukan antar masyarakat desa dan perkotaan. Interaksi seperti ini membawa pengaruh terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kebangsaan.

Contoh lainnya dalam berinteraksi suatu masyarakat mendapat pengaruh budaya dari daerah lain yang kemudian memperkaya budaya daerah tersebut, seperti masyarakat desa yang mengenal tanaman unggul kemudian dikembangkan menjadi tanaman khas daerah itu.

Segala perbedaan yang didapat dalam berinteraksi sosial hendaknya dapat memperkaya budaya dan kebangsaan.

Advertisement

Refleksi

Baca juga Perubahan Interaksi Antarruang Dalam Bidang sosial dan Budaya

Setelah mempelajari materi mengenai pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda, tuliskan jawaban dari pertanyaan berikut pada buku catatan!

  1. Pengetahuan tentang apa saja yang telah diperoleh dari pembelajaran tersebut?
  2. Sikap apakah yang harus dikembangkan untuk menciptakan interaksi sosial yang mengarah kepada kesatuan walaupun interaksi sosial tersebut berada pada ruang yang berbeda?
  3. Hal apakah yang menurut Ananda sulit dipahami dalam mempelajari materi ini?

Advertisement
Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button