Advertisement
Advertisement
PJJ IPS KELAS 8

Wajah Negara-negara ASEAN (Association of Southeast Asian Nations)

Advertisement

Wajah Negara-negara ASEAN (Association of Southeast Asian Nations), Apakah Ananda tahu bahwa Negara Indonesia bertetangga dengan negara lain?

Negara Indonesia bertetangga dengan negara lain baik berbatasan langsung maupun tidak langsung. Negara – negara tersebut terletak di kawasan Asia Tenggara yang tergabung dalam organisasi yang dinamakan.

ASEAN (Association of South East Asian Nations). ASEAN berdiri pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. ASEAN diprakarsai lima negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Saat ini, ASEAN beranggotakan 10 negara.

Advertisement

Total keseluruhan luas wilayah ASEAN adalah 4.522.518 km persegi. Wilayah ASEAN juga terdiri dari wilayah daratan dan perairan. Indonesia menjadi negara dengan luas wilayah terbesar di ASEAN.

Wajah Negara-negara ASEAN, selayaknya negara satu kawasan, negara-negara Asia Tenggara tidak lepas dari adanya kerja sama antar negera-negaranya.

Letak Geografis Negara-Negara ASEAN

Secara geografis letak ASEAN diapit oleh 2 samudera dan 2 benua. Adapun 2 samudera yang mengapit posisi ASEAN adalah Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Sementara 2 benua yang mengapit ASEAN adalah benua Asia dan benua Australia.

Hal ini membuat posisi geografis ASEAN sangat strategis karena melewati jalur perdagangan internasional.

Indonesia menjadi negara ASEAN yang paling strategis. ASEAN berbatasan dengan wilayah-wilayah yang ada di sekitarnya, baik di sebelah utara, timur, selatan, dan barat. Batas wilayah ASEAN juga meliputi batas daratan atau batas lautan.

Menentukan Letak Astronomis ASEAN

Letak astronomis merupakan letak suatu wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Secara astronomis terletak 28°LU–11°LS dan 93°BT–141°BT.

Advertisement

Keseluruhan wilayah ASEAN berada di wilayah bumi bagian timur, namun secara vertikal ASEAN berada di wilayah bumi bagian utara dan bagian selatan, sehingga wilayahnya membentang dari lintang utara (LU) sampai lintang selatan (LS).

Dari 10 negara ASEAN, 9 negara di antaranya terletak di bagian utara. Hanya Indonesia yang wilayahnya terletak di bagian utara dan bagian selatan.

Menganalisis iklim Negara ASEAN

Iklim di wilayah Asia Tenggara merupakan iklim tropis. Asia Tenggara membentang di daerah ekuator sehingga memiliki angin musin yang datang dari gurun-gurun di Australia dan daratan Asia.

Advertisement

Angin musim merupakan gerakan massa udara yang terjadi karena perbedaan tekanan udara antara dua wilayah. Angin ini menyebabkan Asia Tenggara memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan penghujan.

Baca juga Menjelaskan Teori-Teori Masuknya Kebudayaan Hindu-Buddha

Pehamaham Materi :

Peta Negara-negara ASEAN (ilustrasi foto/gres)

Amati peta di atas, lakukan identifikasi batas-batas masing masing negara anggota ASEAN. Agar ananda lebih jelas, carilah sumber belajar di internet.

Advertisement

Setelah mengamati peta di atas sebutkan batas-batas negara 10 anggota ASEAN, jawaban Ananda ditulis pada buku tugas masing-masing !

  1. Sebutkan negara negara yang termasuk anggota ASEAN!
  2. Jelaskan letak geografis ASEAN!
  3. uraikan dampak positif dan negatif dari letak geografis ASEAN!
  4. Jelaskan pengaruh letak astonomis bagi anggota ASEAN !
  5. Analisa pengaruh kondisi iklim terhadap negara ASEAN!
  6. Analisa batas-batas Negara dan sebutkan batas-batas negara anggota ASEAN!
Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button