PJJ IPS KELAS 8

Indahnya Berinteraksi dengan Negara-Negara Anggota ASEAN

Indahnya Berinteraksi dengan Negara-Negara Anggota ASEAN, Kebutuhan sosial, politik, ekonomi, maupun bidang lainnya mengharuskan suatu negara bekerja sama dan berinteraksi dengan negara lain.

Begitu juga dengan negara-negara anggota ASEAN. Antara negara satu dengan lainnya saling berinteraksi untuk mewujudkan kesepakatan bersama.

Proses interaksi dan kerja sama antarnegara-negara ASEAN ini terjadi karena ada faktor pendorongnya. Selain itu ada juga hal-hal yang menjadi penghambatnya.

Materi interaksi antarnegara-negara ASEAN ini sangat menarik dan penting dipelajari untuk membentuk kemampuan Ananda agar dapat memahami sekaligus memiliki sikap dan keterampilan positif dalam keberlangsungan kehidupan dengan negara lain.

Kerjasama Indonesia dengan Negara-Negara ASEAN (ilustrasi foto/kemenku)

Gambar di atas merupakan contoh dari interaksi dan kerja sama antarnegara anggota ASEAN.

Tampak dalam gambar tersebut Menteri keuangan Sri Mulyani menandatangai perjanjian atau MOU dengan Menteri keuangan dan Deputy Prime Minister Singapore Heng Swee Keat di hadapan Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapore Lee Hsien Loong.

Penandatanganan dilakukan bersamaan dengan acara Bilateral Leaders Retreat di Singapore. Negara Indonesia dengan Singapore saling berinteraksi melakukan kerja sama dalam hal perdagangan.

Selain negara Indonesia dengan Singapore, kerja sama dan interaksi yang lain juga dialami oleh seluruh negara anggota ASEAN.

Kerja sama yang berlangsung tersebut tentunya karena ada faktor pendorong dan penghambatnya. Agar Ananda lebih jelas, kerjakan tugas di bawah ini.

Rangkuman

Indahnya Berinteraksi atau kerja sama antar negara-negara ASEAN merupakan kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa negara anggotanya untuk mencapai tujuan bersama. Tujuan ASEAN antara lain mempercepat pertumbuhan ekonomi, sosial, dan kebudayaan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Selain itu tujuannya juga untuk meningkatkan perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia Tenggara. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kerja sama antarnegara-negara ASEAN. Disamping itu terdapat beberapa faktor penghambat kerja sama antarnegara ASEAN.

Baca juga Perkembangan Sarana dan Prasarana dalam Interaksi Antarruang

Refleksi

Setelah mempelajari materi mengenai pengertian, syarat, faktor pendorong dan penghambat kerja sama antarnegara ASEAN tuliskan jawaban dari pertanyaan berikut pada buku catatan!

  1. Pengetahuan tentang apa saja yang telah diperoleh dari pembelajaran tersebut?
  2. Sikap apakah yang harus dikembangkan untuk menciptakan kerja sama yang baik di masyarakat?
  3. Hal apakah yang menurut Ananda sulit dipahami dalam mempelajari materi ini?
Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button