PJJ IPS KELAS 8

Menganalisis Pengaruh Sistem Sewa Tanah Masa Pendudukan Belanda

Menganalisis Pengaruh Sistem Sewa Tanah Pasa Masa Pendudukan Belanda, Perhatikan gambar Kebun Raya Bogor yang sangat indah dan megah diatas. Apakah Ananda tahu peristiwa sejarah apakah yang ada dibalik indahnya dan megahnya Kebun Raya Bogor tersebut?

(ilustrasi foto/sejarah kita)

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu bukti sejarah, dimana saat itu Indonesia dijajah oleh Inggris. Kenapa Inggris dapat menguasai Indonesia? Bukannya yang menjajah Indonesia Belanda?

Pada masa itu terjadi perang di Eropa antara Prancis dengan Belanda. Pangeran Willem V dari negeri Belanda selamat dari serangan Prancis dan melarikan diri ke Inggris. Kemudian menyerahkan wilayahnya ke Inggris, maksudnya supaya wilayah jajahan Belanda tidak dikuasai oleh Prancis.

Nah, kemudian Inggris menguasai Indonesia. Saat Inggris menguasai Indonesia, gubernur Jenderal Lord Minto membagi daerah jajahan Hindia Belanda menjadi empat gubernement dan menyerahkan seluruh wilayahnya kepada Letnan Gubernur Thomas Stamford Raffles.

Pada saat Raffles memerintah Indonesia, dia mengeluarkan kebijakan yang terkenal dengan nama sistem sewa tanah atau landrent-system atau landelijk stelsel.

Menganalisis Penyebab Kegagalan Sewa Tanah

Ternyata dalam pelaksanaannya, sewa tanah atau Landrente-System gagal diterapkan di Indonesia karena memiliki banyak kelemahan.

Jika dirangkum, berikut beberapa faktor penyebab kegagalan penerapan sistem tanam paksa atau sistem sewa tanah oleh Raffles, yakni:

  • Masih ada banyak masyarakat Indonesia, khususnya Pulau Jawa yang belum mengenal sistem sewa tanah melalui perjanjian.
  • Banyak masyarakat Indonesia yang belum mengenal uang.
  • Ukuran tanah belum bisa diukur dengan tepat.
  • Sulit untuk menentukan tingkat kesuburan tanah serta tingkatan pajak tanah.

Baca juga Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial

Latihan

Nah, setelah Ananda membuka laman Youtube atau membaca buku paket, silahkan Ananda mengisi aktivitas tentang ketentuan sistem sewa tanah di bawah ini. Menganalisis Pengaruh Sistem Sewa Tanah, Kerjakan latihan berikut!

  1. Mengapa Inggris dapat menguasai Indonesia?
  2. Siapakah yang mengeluarkan kebijakan sewa tanah?
  3. Apa yang melatarbelakangi sistem sewa tanah?
  4. Tuliskan isi ketentuan sewa tanah!
  5. Mengapa sewa tanah gagal diterapkan pada masyarakat Indonesia?
Referensi : MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button