PJJ IPS KELAS 8

Upaya-upaya Meningkatkan Kerjasama di Antara Negara ASEAN

Upaya-upaya Meningkatkan Kerjasama di Antara Negara – Negara ASEAN, pada tahun 2015 negara-negara anggotanya membentuk Tiga Pilar ASEAN. Tiga Pilar itu merupakan kerja sama bidang politik-keamanan, ekonomi, dan sosial budaya.

Kerja sama dalam tiga bidang tersebut merupakan upaya dari masyarakat ASEAN dalam mengatasi berbagai tantangan, peningkatan kualitas, dan pembenahan-pembenahan di berbagai bidang yang ada di masing-masing negara anggotanya.

Materi upaya-upaya meningkatkan kerja sama di antara negara-negara ASEAN ini sangat menarik dan penting dipelajari Ananda sebagai generasi muda.

Dengan belajar materi ini Ananda belajar sebagai warga negara Indonesia yang baik dan berlatih berperan aktif dalam kegiatan upaya meningkatkan kerja sama dengan negara lain. Apalagi dengan melihat potensi negara Indonesia yang sangat beragam baik di bidang ekonomi, sosial budaya, maupun politik-keamanannya.

Tiga Pilar ASEAN

Teh dan kopi, salah satu komoditas
unggulan Indonesia sebagai komponen penunjang pilar
ekonomi Indonesia. (ilustrasi foto/agroidustri.id)

Salah satu upaya meningkatkan kerja sama antar negara-negara ASEAN yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2015 adalah terbentuknya Tiga Pilar ASEAN. Kerja sama dalam Tiga Pilar tersebut mencakup bidang ekonomi, politik-keamanan, dan sosial budaya.

Rangkuman

Dalam Upaya-upaya Meningkatkan Kerjasama negara ASEAN, negara anggotanya membentuk Tiga Pilar ASEA. Tiga Pilar itu merupakan kerja sama bidang politikkeamanan, ekonomi, dan sosial budaya.

Kerja sama dalam tiga bidang tersebut merupakan upaya dari masyarakat ASEAN dalam mengatasi berbagai tantangan, peningkatan kualitas, dan pembenahan-pembenahan di berbagai bidang yang ada di masing-masing negara anggotanya. Sebagai generasi muda penerus bangsa Ananda harus dapat melangkah jauh lagi dengan pembenahan di tiap-tiap lini dari Tiga Pilar ASEAN ini.

Pembenahan itu meliputi pembenahan struktur politik, kekuatan penegak hukum dan militer, penyatuan visi dan semangat kultural, pembenahan kesejahteraan sosial, dan juga penguatan ekonomi dan daya saing produk Indonesia.

Baca juga Perubahan Interaksi Antarruang Dalam Bidang sosial dan Budaya

Refleksi

Setelah mempelajari materi mengenai mengenai upaya meningkatkan kerja sama di antara negara-negara ASEAN, tuliskan jawaban dari pertanyaan berikut pada buku catatan!

  1. Pengetahuan tentang apa saja yang telah diperoleh dari pembelajaran tersebut?
  2. Sikap apakah yang harus dikembangkan untuk menciptakan interaksi sosial yang baik di masyarakat?
  3. Hal apakah yang menurut kalian sulit dipahami dalam mempelajari materi ini?
Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button