PJJ IPS KELAS 8

Menganalisis Organisasi Pergerakan Nasional Indonesia

Menganalisis Organisasi Pergerakan Nasional Indonesia, Tanggal 20 Mei 1908 merupakan hari lahir Boedi Oetomo (Budi Utomo), organisasi modern pertama di Indonesia yang menjadi tonggak pergerakan nasional Indonesia.

Nah, sekarang Ananda akan mempelajari berbagai organisasi dalam pergerakan nasional Indonesia. Organisasi tersebut diantaranya:

1. Budi Utomo

Pada awal abad XX, mahasiswa yang kuliah di sekolah kedokteran STOVIA sepakat untuk memperjuangkan nasib rakyat Indonesia dengan memajukan pendidikan rakyat.

Pada tanggal 20 Mei 1908 mereka sepakat mendirikan sebuah organisasi bernama Budi Utomo dan memilih dr Sutomo sebagai ketuanya.

2. Sarekat Islam (SI)

Pada tahun 1911 didirikan Sarikat Dagang Islam (SDI) oleh KH Samanhudi dan RM Tirtoadisuryo di Solo. Tujuan awalnya adalah melindungi kepentingan dagang pribumi dari ancaman pedagang Tiongkok. Dalam konggres di Surabaya tanggal 30 Sepember 1932.

Pada tahun 1913 SI dipimpin oleh Haji Umar Said Cokroaminoto. Kegiatannya sangat menarik dalam membela rakyat. Pada tahun 1923 namanya berubah lagi menjadi Partai Sarekat Islam (SI) yang bersifat nonkooperatif terhadap Belanda.

3. Indische Partij (IP)

Indische Partij (IP) merupakan partai politik pertama di Indonesia. Pendirinya adalah E.F.E Douwes Dekker. Tujuan Indische Partij sangat jelas yaitu mengembangkan semangat nasionalisme bangsa Indonesia. Keanggotaannyapun terbuka bagi semua golongan tanpa memandang suku, agama, dan ras.

4. Perhimpunan Indonesia (PI)

PI didirikan oleh orang-orang Indonesia yang berada di Belanda pada tahun 1908. Semula bernama Indische Vereeniging. Kegiatan utamanya adalah politik. Mempunyai majalah yang bernama Hindia Putra.

Menganalisis Organisasi Pergerakan Nasional, Pada tahun 1925, PI mengeluarkan Manifesto yang sangat menggugah kesadaran bangsa Indonesia, serta sangat mempengaruhi pola pergerakan nasional bangsa Indonesia. Gagasan manifesto 1925 terealisasi saat Sumpah Pemuda.

Konggres Pemuda II dilaksanakan 27-28 Oktober 1928 yang dihadiri oleh perwakilan organisasiorganisasi pemuda dari seluruh Indonesia. Dalam konggres ini keinginan membentuk negara sendiri semakin kuat.

Dalam konggres ini dibacakan keputusan hasil konggres yaitu berupa ikrar pemuda yang terkenal dengan Sumpah Pemuda, menetapkan lagu Indonesia Raya ciptaan WR. Supratman sebagai lagu kebangsaan Indonesia, dan menetapkan bendera merah putih sebagai lambang negara Indonesia.

5. Partai Nasional Indonesia (PNI)

(ilustrasi foto/historia)

PNI di dirikan di Bandung pada tanggal 4 Juli 1927 dengan ketuanya Ir. Soekarno. Tujuan dari partai ini adalah Indonesia merdeka dengan ideologi Nasionalisme. Keikutsertaan Hatta dalam kegiatan politik Soekarno semakin membuat PNI sangat kuat. Hal ini dianggap mengancam pemerintah Belanda.

Sehingga para tokoh ditangkap dan diadili tahun 1929. Sukarno dan kawan-kawan diadili di Belanda. Sukarno dihadapan persidangan melakukan pembelaan dengan judul “Indonesia Menggugat” tahun 1931 PNI dibubarkan. Selain kelima organisasi ini masih banyak lagi organisasi pada masa pergerakan nasioanal.

Baca juga Menentukan faktor-faktor penyebab konflik sosial Masyarakat

Referensi : MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button