PJJ IPS KELAS 7

Menjelaskan Teori-Teori Masuknya Kebudayaan Hindu-Buddha

Menjelaskan Teori-Teori Masuknya Kebudayaan Hindu-Buddha, Hubungan dagang antara India dan Cina yang menyinggahi kepualauan di Nusantara menyebabkan pengaruh Hindu-Buddha yang berasal dari India berkembang di Indonesia.

Menjelaskan Teori-Teori Masuknya Kebudayaan Hindu-Buddha, terkait dengan masuknya kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia, berikut ada beberapa teori yang menjelaskan proses kedatanganya;

a. Teori Brahmana

Teori ini diungkapkan oleh Jc.Van Leur. Ia mengatakan bahwa golongan Brahmanalah yang menyebarkan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia.

b. Teori Ksatria

Terdapat tiga ahli yang mengemukakan proses penyebaran kebudayaan HinduBuddha oleh golongan ksatria, yaitu:

  1. C.C. Berg menjelaskan bahwa golongan ksatria menyebarkan kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia karena para ksatria India diketahui terlibat dalam konflik perebutan kekuasaan di Indonesia.
  2. Mookerji, mengatakan bahwa agama dan budaya Hindu Buddha datang ke Indonesia setelah para Ksatria India membangun koloni-koloni yang berkembang menjadi kerajaan-kerajaan di Indonesia.
  3. J.L. Moens, mengatakan sekitar abad ke-5, pengaruh Hindu Buddha masuk ke Indonesia karena ada kaum ksatria, anggota keluarga kerajaan India Selatan datang ke Indonesia, melarikan diri akibat kerajaannya di India mengalami kehancuran. Anggota kerajaan ini kemudian mendirikan kerajaan di Indonesia.

c. Teori Waisya

Dikemukan oleh NJ.Krom. Ia menyebutkan bahwa proses masuknya kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia merupakan hasil dari penyebaran kebudayaan dan agama para pedagang India yang datang ke Indonesia.

d. Teori Arus Balik

Diungkap oleh F.D.K Bosch. Ia menjelaskan bahwa kebudayaan Hindu dan Buddha masuk ke Indonesia karena banyak pemuda Indonesia yang belajar agama HinduBuddha ke India.

Setelah memperoleh ilmu yang banyak, mereka kembali ke Indonesia untuk menyebarkan agama dan kebudayaan Hindu- Buddha di Indonesia.

Baca juga Penyebaran agama dan kebudayaan Hindu Buddha teori Ksatria

Candi peninggalan masa hindu buddha (ilustrasi foto/ksm tour)

Pemahaman Materi

Untuk mendapatkan pemahaman lebih mendalam tentang teori masuknya kebudayaan Hindu-Buddha , silahkan Ananda membaca buku Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas VII, Kemdikbud, halaman 224-225.

Usai memahami materi yang ada dalam modul dan buku paket, selanjutnya jawablah pertanyaan berikut upaya untuk mengendapkan pengetahuan yang telah Ananda dapatkan

  1. Jelaskan tentang Teori Bahmana, Kesatria, Waisya dan Arus balik …?

Referensi :

MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Semester Genap) Hak Cipta © 2020 pada Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button