PJJ IPS KELAS 7

Mengidentifikasi Kehidupan berdasarkan Periodisasi Geologi

Mengidentifikasi Kehidupan berdasarkan Periodisasi Geologi, Geologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai apa yang terkandung dalam bumi secara keseluruhan. Ilmu ini mempelajari tentang komposisi, struktur, proses pembentukan bumi dan perubahan bumi dari waktu ke waktu.

Melalui ilmu Geologi, diketahui ada empat pembagian atau pembabakan zaman selama masa praaksara, dimulai sejak belum ada kehidupan di muka bumi hingga muncul makhluk manusia.

Adapun 4 pembabakan zaman pada masa praaksara adalah seperti berikut:

  1. Zaman Arkaikum (Zaman Tertua), adalah zaman ketika kulit bumi masih sangat panas, sehingga belum memiliki bentuk kehidupan diatasnya.
  2. Zaman Palaeozoikum, pada zaman ini suhu permukaan bumi sudah mulai turun dengan ditandai pembentukan kutub. Iklim belum stabil tetapi sudah mulai muncul tanda-tanda kehidupan sederhana antara lain munculnya binatangbinatang bersel satu, binatang tidak bertulang punggung, berbagai jenis ikan, ganggang dan rerumputan.
  3. Zaman Mesozoikum, zaman ini ditandai dengan mulai stabilnya iklim bumi. Kehidupan makhluk di bumi makin berkembang dan bahkan mencapai ukuran yang besar. Munculnya binatang reptil besar yang hidup di darat, laut dan udara yaitu Dinosaurus. Pada zaman ini juga mulai muncul beberapa jenis burung.
  4. Zaman Neozoikum atau Kenozoikum, Zaman ini dibagi menjadi dua, yaitu zaman tertier dan zaman kuartier. Pada zaman tertier jenis-jenis reptil besar seperti dinosaurus mulai punah dan bumi didominasi oleh hewan-hewan besar yang menyusui (mamalia). Zaman kuatier adalah zaman yang sangat penting bagi umat manusia, karena pada zaman ini awal kehidupan makhluk bernama manusia muncul pertama kali di muka bumi.
Kehidupan berdasarkan Periodisasi Geologi (Ilustrasi foto/going to tehran)

Baca juga Hubungan antara Harga dengan Jumlah Barang atau Jasa yang Diminta

Pemahaman Materi

Mengidentifikasi Kehidupan berdasarkan Periodisasi Geologi, untuk mendapatkan pemahaman lebih mengenai pembagian zaman pada masa pra aksara berdasar periodisasi geologis, Ananda dapat membaca buku paket Ilmu Pengetahuan Sosial, SMP/Mts Kelas VII.

Lakukanlah aktifitas dibawah sebagai kegiatan untuk mengendapkan imu pengetahuan yang didapat;

  1. Apa yang dimaksud Zaman Arkaikum ?
  2. Apa yang dimaksud Zaman Palaezoikum ?

Referensi :

MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Semester Genap) Hak Cipta © 2020 pada Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button