Berita

Chromebook Cocok dipergunakan pelajar di indonesia

Chromebook Cocok dipergunakan pelajar di indonesia, Tahun lalu pemerintah sudah mendistribusikan chromebook ke seluruh sekolah di Indonesia dengan anggaran 2,4 T sebanyak 240.000 unit dikutip dari kompas.com. Pada Maret 2018 Chromebook merupakan 60% komputer yang dibeli sekolah di Amerika Serikat.

Mungkin bagi sebagian orang masih asing dengan chromebook, kalau dilihat sepintas dari bentuk fisiknya tidak ada perbedaan dengan laptop, yang menjadi pembeda berada dalam isinya.

Baca juga Kurikulum merdeka untuk siapa saja penggunannya?

Chrome OS

Sistem Operasi yang dipergunakan laptop biasanya menggunakan Windows atau Linux sedangkan untuk chromebook menggunakan Chrome OS. Sistem operasi Chrome diperkenalkan ke pasaran 15 Juni 2011 oleh Acer Inc.

Pada awalnya sistem operasi chrome hanya bisa menjalankan aplikasi yang dirilis oleh google seiring dengan perkembangannya banyak aplikasi yang sudah bisa berjalan pada Chrome OS. Aplikasi bisa didapatkan di google play store.

Baca juga SMK Ekonomika dan SMPi Ghama Al-Fatih terus berbenah

Mengoperasikan Chromebook

Untuk mengoperasikan Chromebook tidak membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang tinggi spek yang minim sudah cukup untuk mengoperasikan chromebook.

Apakah Laptop kita dapat langsung di install untuk menjalankan chromebook? Untuk sekarang ini belum dapat di install Chrome OS. Laptop yang dapat menjalankan Chrome OS harus terverifikasi terlebih dahulu oleh google.

Semua aplikasi google secara otomatis anak berfungsi baik di chromebook mulai classroom, form, email, meet, word dll. Untuk bekerja dan mengoperasikan chromebook diperlukan koneksi internet.

Kebutuhan anak-anak belajar yang berbasis google semua tersedia di chromebook, tinggal mengoperasikan saja. Tidak hanya itu saja chromebook bisa terkoneksi juga dengan SmartPhone yang biasa kita pergunakan sehari-hari.

Chromebook Cocok dipergunakan pelajar di indonesia, dengan kemampuan bisa terkoneksi antar device ini anak-anak belajar bisa dikontrol, orang tua bisa melihat apa saja yang sudah dipelajari dan bisa juga memberikan batasan penggunaan chromebook kepada anak.

Gambar. Anak sedang belajar menggunakan chromebook (ilustrasi foto/istimewa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker