PJJ IPS KELAS 7

Munculnya Kerajaan Kediri berawal dari pembagian kerajaan Medang

Munculnya Kerajaan Kediri berawal dari pembagian kerajaan Medang, Seiring melemahnya kerajaan Sriwijaya akibat mendapat serangan dari Kerajaan Colamandala, Airlangga yang melarikan diri akhirnya mampu membangun kembali kerajaan Medang dengan pusatnya di Kahuripan Sidoarjo Jawa Timur.

Munculnya Kerajaan Kediri berawal dari pembagian kerajaan Medang oleh Airlangga menjadi Janggala dan Panjalu (Kediri). Kedua kerajaan ini dibatasi oleh Sungai Brantas di Jawa Timur. Tujuan Airlangga membagi kerajaan Medang menjadi dua adalah karena ingin mencegah perpecahan antara kedua putranya. Akan tetapi upaya tersebut mengalami kegagalan.

Setelah Airlangga wafat pada tahun 1049 M, terjadi perang antara Kerajaan Janggala dan Panjalu (Kediri). Perang ini berakhir dengan kekalahan Janggala. Kerajaan peninggalan Airlangga pun kembali dipersatukan di bawah kekuasaan Panjalu atau disebut dengan kerajaan Kediri.

Sumber Sejarah Kerajaan Kediri

Sumber sejarah yang menceritakan tentang kerajaan Kediri antara lain prasasti Padlegan, prasasti Panumbangan, prasasti Hantang atau Ngantang, prasasti Talan dan Prasasti Desa Jepun. Menurut sumber-sumber sejarah, adapun raja-raja yang memerintah di Kediri antara lain Jayawarsa, Jayabaya, Sarwewara, Gandara, Kameswara dan Kertajaya.

Kekacauan akibat pertentangan dengan Kerajaan Jenggala terjadi pada masa pemerintahan Jayabaya. Baru pada tahun 1135 M Jayabaya berhasil memadamkan kekacauan itu dengan mengalahkan kerajaan Jenggala.

Prasasti yang menjelaskan tentang kemenangan Panjalu (Kediri) terhadap Jenggala tertulis pada prasasti Hantang yang memuat tulisan Panjalu Jayati, atau Panjalu Menang. Setelah kemenangan Panjalu atas Jenggala, Jayabaya mulai menata dan mengembangkan kerajaan Kediri hingga mencapai puncak kejayaannya.

Baca juga Manusia PraAksara Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan

Pemahaman Materi

Untuk dapat pemahaman lebih tentang Kerajaan Kediri silahkan Ananda membaca buku Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas VII, Kemdikbud, 2016, halaman 24- 243 atau buka situs, https://seputarilmu.com

Peta Lokasi Kerajaan Kediri (ilustrasi foto/wikipedia)

Setelah Ananda menyimak materi Kerajaan Kediri, lanjutkan untuk menjawab pertanyaan berikut !

  1. Mengapa raja Airlangga membagi kerajaan menjadi dua?
  2. Pada masa raja siapa Kerajaan Kediri mencapai puncak kejayaan? Berikan buktinya!
Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Semester Genap) Hak Cipta © 2020 pada Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button