Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita

Pilkada Kota Depok Tahun 2020

Advertisement

Pilkada Kota Depok Tahun 2020, hari ini 9 Desember 2020 diadakan pemilihan umun serentak di Indonesia untuk tingkat propinsi dan kebupaten/kota. Salah satu wilayah yang mengadakan pemilihan umum Wali Kota dan Wakil Walikota kota Depok Jawa Barat. Dikutip dari web KPU Kota Depok Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok di ikuti oleh dua pasangan pilihan, pasangan nomor urut 1 Pradi Supriatna-Afifah Alia dan pasangan nomor urut 2 Muhammad Idris-Imam Budi Hartono.

Pilkada di ikuti oleh warga kota Depok sebanyak 1.229.362 orang dari 11 Kecamatan, kata ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna saat Rapat Kesiapan 30 Hari Menjelang Hari Pemungutan Suara Pilkada Serentak 9 Desember 2020. KPU Kota Depok mentargetkan masyarakat kota Depok ikut berpartisipasi sekurang-kurangnya 77,5% dari jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap) yang ada.

Pemilih Pemula

Salah satu persaratan mengikiti pemilihan umum daerah sudah berusia 17 tahun ke atas dan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai warga kota Depok, usia ini mungkin sekarang menduduki jenjang pendidikan di sekolah SMA/SMK di kelas 11 atau kelas 12. Termasuk kedalam kategori pemilih pemula yang bebas menentukan pilihan dengan semangat dan jiwa muda.

Advertisement

Pilkada Kota Depok Tahun 2020, pemilih pemula yang ada di kota Depok menjadi potensi untuk menambah jumlah perolehan suara yang dibutuhkan oleh para calon pemimpin daerah Wali Kota dan wakil Wali kota Depok. Untuk pemilih pemula mungkin ini akan menjadi pengalaman pertama yang berharga ikut berpartisipasi dalam pilkada Kota Depok.

Kegiatan pemilihan umum (PILKADA) merupakan salah satu implementasi materi pelajaran yang akan menjadi bagian pembelajaran yang ada disekolah. Kegiatan ini merupakan pengalaman yang berharga yang diselenggarakan 5 (Lima) tahun sekali sama seperti pemilihan umum Nasional untuk menentukan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia. Pasangan Calon (Paslon) Pilkada memiliki kesempatan untuk menduduki jabatan sebanyak 2 (dua) periode.

Baca juga Rakyat dalam suatu negara

Pemilihan umum kepala daerah serentak pertama kali diselenggarakan di Indonesia pada tahun 2015, yang dilaksanakan pada tahun 2020 merupakan pemilihan umum serentak seluruh Indonesia yang ke 4 (empat) kalinya diselenggarakan Indonesia. Pemilihan umum daerah yang diselenggarakan pada tanggal 9 Desember 2020 diikuti oleh 9 Propinsi, 224 Kabupaten dan 37 Kota.

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button