PJJ IPS KELAS 7

Perubahan Interaksi Antarruang Dalam Bidang sosial dan Budaya

Perubahan Interaksi Antarruang Dalam Bidang sosial dan Budaya, Adanya pergerakan penduduk dari satu tempat ke tempat lainnya akan disertai dengan interaksi sosial.

Terjadinya insteraksi antaranggota masyarakat tersebut akan disertai pula dengan saling pengaruh, terkait dengan norma dan nilai yang dianut oleh masing- masing individu atau kelompok masyarakat.

Contoh Ananda pergi suatu tempat dengan menggunakan jasa ojeg online, dengan fasilitas yang ada, Ananda sudah mengetahui berapa ongkos yang harus dibayar, rute jalan yang dilalui, jarak tempuh, sampai waktu tempuh tanpa harus banyak bertanya kepada pengemudi.

Perubahan sosial dan budaya pada saat ini tidak lagi hanya karena adanya pergerakan penduduk, tetapi juga karena adanya aliran informasi dari satu daerah ke daerah lain bahkan antar negara dan benua, sebagai perkembangan teknologi komunikasi yang begitu pesat.

Informasi sekarang dalam genggaman. Dengan adanya internet, seseorang dapat berkomunikasi dan mendapatkan informasi dalam hitungan menit. Kemajuan tersebut sangat berpanguh pada bidang sosial dan budaya. Contohnya anak-anak kini bermain tidak bersama teman tetapi cukup dengan handphone sudah dapat bermain dari aplikasi yang ada di alat tersebut.

Dengan demikian dapat disimpulkan pengaruh interkasi antarruang dalam bidang sosial dan budaya, antara lain;

  1. Adanya pergerakan atau mobilitas penduduk terutama dari desa ke kota.
  2. Terjadinya perkawinan antar suku yang dengan sendirinya membawa budaya yang berbeda.
  3. Meningkatkan wawasan penduduk desa atu kota akibat interaksi antarruang.
  4. Terjadi perubahan prilaku atau gaya hidup akibat interaksi antarruang.

Perubahan Komposisi Penduduk

Interaksi keruangan dalam bentuk pergerakan orang akan menimbulkan konsentrasi penduduk dalam suatu wilayah. Penduduk tersebut memiliki latar belakang yang berbeda-beda, misalnya agama, status sosial, usia, jenis kelamin, mata pencaharian, etnik atau suku bangsa, dan lain-lain.

Rangkuman

Sarana angkutan online (ilustrasi foto/liputan6.com)

Terjadinya insteraksi antaranggota masyarakat tersebut akan disertai adanya dengan saling pengaruh, terkait dengan norma dan nilai yang dianut oleh masing-masing individu atau kelompok masyarakat.

Perubahan sosial dan budaya pada saat ini tidak lagi hanya karena adanya pergerakan penduduk, tetapi juga karena adanya aliran informasi dari satu daerah ke daerah lain bahkan antar negara dan benua, sebagai perkembangan teknologi komunikasi yang begitu pesat.

Pengaruh interkasi antarruang dalam bidang sosial dan budaya, antara lain; Adanya pergerakan atau mobilitas penduduk terutma dari desa ke kota,Terjadinya perkawinan antar suku yang dengan sendirinya membawa budaya yang berbeda.

Baca juga Wajah Negara-negara ASEAN (Association of Southeast Asian Nations)

Meningkatkan wawasan penduduk desa atu kota akibat interaksi antarruang, Terjadi perubahan prilaku atau gaya hidup akibat interaksi antarruang. Interaksi keruangan dalam bentuk pergerakan orang akan menimbulkan konsentrasi penduduk dalam suatu wilayah.

Penduduk tersebut memiliki latar belakang yang berbeda-beda, misalnya agama, status sosial, usia, jenis kelamin, mata pencaharian, etnik atau suku bangsa, dan lain-lain. (Kontbr/bgku)

Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button