PJJ IPS KELAS 7

Macam-Macam Kebutuhan Manusia yang harus dipenuhi

Macam-Macam Kebutuhan Manusia yang harus dipenuhi, Terkait dengan skala prioritas kebutuhan yang telah pelajari melalui aktivitas sebelumnya dapat diketahui bahwa manusia memiliki berbagai macam kebutuhan.

Pada aktivitas ini Ananda akan belajar tentang macam-macam kebutuhan manusia. Adapun macam kebutuhan manusia tersebut antara lain adalah:

a. Kebutuhan menurut intensitasnya atau tingkatannya

  1. Kebutuhan primer/pokok adalah kebutuhan yang harus dipenuhi, apabila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup manusia. Contoh; bahan makanan, pakaian dan rumah. Tanpa makanan, pakaian, dan rumah manusia bisa sakit atau bahkan meninggal karena kelaparan, kedinginan, dan kepanasan.
  2. Kebutuhan sekunder/tambahan adalah kebutuhan pelengkap setelah kebutuhan primer. Melalui terpenuhinya kebutuhan sekunder manusia akan hidup dengan nyaman. Contoh; perabot rumah tanggal seperti lemari, kursi, meja, televisi, radio, tempat tidur, dan kendaraan.
  3. Kebutuhan tersier/mewah adalah kebutuhan yang akan dipenuhi setelah kebutuhan primer dan skunder telah terpenuhi. Pemenuhan kebutuhan tersier biasanya berhubungan dengan harga diri, prestise atau kebanggaan seseorang. Beberapa benda yang termasuk kebutuhan tersier adalah pakaian dan tas desainer, mobil mewah, rumah mewah, dan kapal pesiar.

b. Kebutuhan menurut sifatnya

  1. Kebutuhan jasmani yaitu kebutuhan yang bersifat memberi kepuasan pada jasmani, tubuh fisik atau badan manusia. Contoh; makan, olahraga, vitamin atau obat bagi orang yang sakit.
  2. Kebutuhan rohani yaitu kebutuhan untuk memenuhi kepentingan jiwa atau hal yang membuat jiwa manusia merasa tenang dan aman. Contoh; musik, film, ibadah, rekreasi, pendidikan, dan ilmu pengetahuan.

c. Kebutuhan menurut waktu penggunaannya

  1. Kebutuhan sekarang yaitu kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi dengan segera. Contoh; makanan dan minuman untuk hidup sehari-hari dan obat bagi orang yang sakit.
  2. Kebutuhan masa yang akan datang yaitu kebutuhan yang saat ini belum mendesak untuk dipenuhi atau dapat ditangguhkan. Pemenuhan kebutuhan ini dapat dipersiapkan dari sekarang. Contoh; uang tabungan untuk pendidikan.

d. Kebutuhan menurut subjek

  1. Kebutuhan individual yaitu kebutuhan yang berhubungan langsung dengan diri pribadi, setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga kebutuhan ini dapat tergantung keinginan masing-masing. Contoh; makanan, minuman, pakaian kesukaan dan aksesoris.
  2. Kebutuhan kelompok/kolektif yaitu kebutuhan yang dirasakan oleh sekelompok orang dan dalam pemenuhannya juga dilakukan secara bersama. Contoh; sekolah, pasar, jalan raya, kabel saluran listrik, jaringan air minum, rumah sakit dan transportasi umum.

e. Kebutuhan menurut kelangkaan/cara memperolehnya

  1. Barang ekonomis yaitu semua barang yang jumlahnya terbatas dan memerlukan pengorbanan untuk memperolehnya. Contoh; sepatu, jam tangan dan pakaian.
  2. Barang bebas yaitu semua barang yang jumlahnya banyak dan tidak memerlukan pengorbanan untuk memperolehnya. Contoh; sinar matahari, udara dan air laut.

f. Kebutuhan menurut hubungannya dengan barang lain

  1. Barang subtitusi yaitu barang yang penggunaannya dapat saling menggantikan. Contoh; nasi dapat diganti dengan roti atau singkong.
  2. Barang komplementer yaitu barang yang dalam penggunaannya harus saling melengkapi. Contoh; kompor dengan bahan bakar, motor dengan bensin.

g. Kebutuhan menurut tujuan penggunaannya

  1. Barang produksi (modal) yaitu barang yang tidak dapat langsung dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Barang ini harus melalui proses dahulu baru dapat digunakan. Contoh; mesin, lahan dan gedung.
  2. Barang konsumsi adalah barang yang dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Contoh; buku dan alat tulis.

Baca juga Macam-Macam Kebutuhan Menurut Sifat

PEMAHAMAN MATERI

Setelah Ananda memahami tentang macam-macam kebutuhan manusia, lakukanlah aktivitas mengisi tabel berikut untuk menguji pengetahuan Ananda.

Beri tanda ceklist (√) dari contoh berikut berdasarkan jenis kebutuhan! Tabel nomor 1 sudah diisi sebagai contoh dalam mengerjakan aktivitas selanjutnya.

TABEL PEMAHAMAN MATERI

1Kebutuhan menurut sifatnyaKebutuhan jasmaniKebutuhan rohani
 Rekreasi ——–——– 
2Kebutuhan menurut waktu penggunaanKebutuhan sekarangKebutuhan yang akan datang
 Minuman dan makanan——–  ——–
3Kebutuhan menurut subjekKebutuhan individualKebutuhan kelompok
 Sekolah ——– ——–
4Kebutuhan menurut kelangkaan/cara memperolehnyaBarang ekonomisBarang bebas
 Sinar matahari——–  ——–
5Kebutuhan menurut tujuan penggunaannyaBarang produksiBarang konsumsi
 Mesin penggiling padi ——– ——–

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button