Advertisement
IPS Kelas 9Pelajaran IPS

Letak dan Luas 3 Benua; Eropa, Afrika dan Australia

Advertisement
Advertisement

Letak dan Luas 3 Benua; Eropa, Afrika dan Australia, Materi ini lanjutan dari Pembahasan Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Amerika secara geografis. Yang akan dibahas pada materi ini mengenai Letak dan Luas 3 Benua yaitu Eropa, Afrika dan Australia. Kita mulai pembahasan dari benua Eropa yang memiliki julukan benua biru.

1. Benua Eropa

Benua Eropa dijuluki sebagai benua biru. Ada dua alasan kenapa disebut benua biru. Pertama, mayoritas penduduk Eropa memiliki bola mata berwarna biru.

Kedua, sejak zaman dahulu, banyak kerajaan terkenal berada di Benua Eropa sehingga dikenal adanya istilah darah biru (bangsawan).

Benua Eropa dan Asia Secara fisik 1 Benua

Benua Eropa secara fisik sebenarnya menjadi satu daratan dengan Benua Asia. Keduanya hanya dipisahkan oleh sebuah pegunungan yaitu Pegunungan Ural. Namun, umumnya Eropa dan Asia masing-masing dianggap sebagai benua. Alasannya, kedua benua tersebut memiliki budaya yang berbeda.

Gambar Benua Eropa (foto/istimewa)

Letak dan Luas Benua Eropa

Benua Eropa terletak pada 9 0 BB–600 BT dan 350 LU–800 LU. Jika dilihat letaknya, Benua Eropa berada di luar wilayah tropis. Artinya, iklim di wilayah Benua Eropa adalah subtropis dan sedang. Karena posisinya, Benua Eropa mengalami empat musim, yaitu musim semi, panas, gugur, dan dingin.

Luas Benua Eropa mencapai 10.355.000 km2 . Secara geografis, Benua Eropa berbatasan dengan Samudra Arktik di utara, Laut Tengah di selatan, Samudra Atlantik di barat, serta Benua Asia di timur. Batas Benua Eropa dengan Benua Asia adalah Pegunungan Ural, Selat Dardanella, dan Laut Kaspia.

Pembagian Wilayah Benua Eropa

Eropa terbagi atas empat kawasan atau region yakni kawasan Eropa Barat, Eropa Timur, Eropa Selatan, dan Eropa Utara. Apa yang mendasari pembagian wilayah tersebut? Pembagian wilayah atau region tersebut lebih pada perbedaan kondisi geografis yang mencakup aspek fisik dan budaya.

Pada saat ini pewilayahan semacam ini sudah mulai pudar dengan adanya ikatan secara ekonomi dan politik melalui lembaga Uni Eropa (European Union). Walaupun demikian, regionalisasi secara geografis perlu kalian ketahui seperti tampak pada peta berikut ini.

Gambar Peta Wilayah Benua Eropa (foto/istimewa)

2. Benua Afrika

Apa yang kalian ingat tentang Benua Afrika? Kehidupan satwa liar, seperti singa dan gajah? Atau penduduknya yang umumnya memiliki warna kulit yang hitam? Ya, Benua Afrika sering disebut ”Benua Hitam” karena mayoritas penduduknya mempunyai kulit berwarna hitam. 

Sebutan ini awal mulanya digunakan oleh masyarakat Prancis yang dahulu banyak menjajah Benua Afrika.

Baca juga Pengaruh Perubahan Ruang Interaksi Antarruang Di 5 Benua

Letak Benua Afrika

dan 350 LU–340 LS. Ini berarti Benua Afrika dilewati garis khatulistiwa, sehingga sebagian wilayahnya beriklim tropis. Karena posisi lintangnya, sebagian besar wilayah ini beriklim tropis kecuali bagian paling utara dan paling selatan.

Di kedua wilayah tersebut, iklim mulai memasuki zona subtropis. Keadaan iklim tersebut disebabkan oleh wilayah yang sangat luas dan dikelilingi plato.

Gambar Peta Benua Afrika (foto/istimewa)

Luas dan Batas Wilayah Benua Afrika secara Geografis

Benua Afrika berbatasan dengan Laut Tengah di utara, Samudra Hindia di selatan dan timur, serta Samudra Atlantik di barat. Benua Afrika merupakan benua terbesar ketiga setelah Asia dan Amerika.

Luas wilayah Afrika mencapai 30.290.000 km2 . Secara geografis, Benua Afrika terbagi atas lima kawasan yaitu Afrika Utara, Afrika Timur, Afrika Barat, Afrika Tengah, dan Afrika Selatan.

Baca juga Rangkuman Dinamika Peresebaran Penduduk Lima Benua di Dunia

3. Benua Australia

Apa yang kalian ketahui tentang Benua Australia? Suku Aborigin? Kanguru? Atau bangunan seperti gedung Opera House? Ya, Benua Australia memiliki ciri khas akan hal-hal tersebut yang dengan mudah kita dapat mengingatnya.

Benua yang terletak di sebelah selatan negara kita merupakan benua yang unik karena walaupun terletak di sebelah selatan Asia, tetapi penduduknya sebagian besar adalah penduduk Ras Kaukasoid yang banyak berasal atau sama dengan penduduk Eropa.

Gambar Peta Benua Australia (foto/istimewa)

Letak dan Luas Benua Australia serta batas wilayah

Australia terletak pada 1130 BT– 1550 BT dan 100 LS–430 LS. Ini berarti ada bagian Australia yang memiliki iklim tropis, yaitu Australia bagian utara yang berdekatan dengan Indonesia.

Sebagian wilayah lainnya beriklim subtropis dan sedang. Berikut ini batas-batas geografis wilayah Australia.

  • Sebelah utara berbatasan dengan Laut Timor, Laut Arafuru, dan Selat Torres.
  • Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik, Laut Tasman, dan Laut Coral. Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia.
  • Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia.

Luas wilayah Benua Australia adalah 8.945.000 km2 dengan lebar sekitar 3.200 km dan panjang 3.700 km. Hanya satu negara dalam satu benua merupakan keunikan lainnya dari Benua Australia, sehingga negara Australia memiliki luas wilayah yang sangat besar. Meskipun demikian, sekitar dua pertiga wilayahnya berupa gurun. 

8 Negara dalam Benua Australia

Australia terdiri atas delapan negara bagian yaitu Australia Utara, Australia Selatan, Australia Barat, Victoria, New South Wales, dan Queensland, Tasmania, dan Daerah Khusus Ibukota.

New South Wales merupakan negara bagian paling tua dan paling banyak penduduknya. Negara bagian terluas adalah Australia Barat. Victoria merupakan negara bagian terkecil dan terpadat kedua. 

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Adblock Detected

Turn off Ad Blocker from browsing the site