Advertisement
Advertisement
IPS Kelas 9Pelajaran IPS

Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Amerika secara geografis

Advertisement

Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Amerika secara geografis. Kalian mungkin sering mendengar istilah benua. Apa yang kalian pahami tentang benua? Berapa benua yang ada di bumi? Benua merupakan massa daratan yang memiliki ciri atau karakteristik tertentu. 

Bagi ahli geografi , benua tidak hanya sekedar istilah fisik tetapi juga menyangkut aspek budaya. Karena itulah Asia dan Eropa dianggap sebagai dua benua yang berbeda walaupun masih dalam satu masa daratan yang menyatu. Pemisahnya adalah budaya yang berbeda antara Eropa dan Asia.

Gambar. Benua-benua di Dunia (foto/istimewa)

Berapakah jumlah benua yang ada di dunia?

Sejumlah ahli geografi berbeda pendapat tentang hal itu. Sebagian ahli geografi menyebutkan ada tujuh benua di dunia, sedangkan sebagian lainnya menyatakan ada enam dan lima benua.

Advertisement

Mereka yang menyebut ada tujuh benua membaginya atas Benua Asia, Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, Australia, dan Antartika. Mereka yang menyebut enam benua membaginya atas Benua Eurasia (gabungan Eropa dan Asia), Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, Australia, dan Antartika.

Mereka yang menyebut lima benua membaginya atas Eurasia (gabungan Eropa dan Asia), Amerika, Afrika, Australia, dan Antartika. Ada pula yang membagi menjadi lima benua tetapi tidak mengikutsertakan Antartika, sehingga benua di dunia terdiri atas Asia, Eropa, Amerika, Afrika, dan Australia. 

Pembagian Benua menjadi 5 (Lima)

Dalam materi ini, kalian akan menggunakan pembagian benua menjadi lima benua yaitu Benua Asia, Eropa, Amerika, Afrika, dan Australia. Benua-benua tersebut memiliki kondisi alam yang berbeda, demikian halnya dengan kondisi budayanya.

Karena itu, sejak dulu telah terjadi interaksi antar benua. Dimana sajakah letak benua-benua tersebut? Bagaimanakah perbandingan luas masing-masing benua? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, lakukanlah aktivitas berikut ini. 

Gambar. Peta Benua Asia (foto/istimewa)

1. Letak dan Luas Benua Asia 

Benua Asia terletak pada 26º BT – 170º BT dan 11º LS – 80º LU. Hampir seluruh wilayahnya berada di belahan bumi utara (BBU). Hanya sebagian kecil yang berada di belahan bumi selatan, termasuk Indonesia.

Batas Benua Asia adalah Samudra Arktik di utara, Samudra Hindia di selatan, Benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah di barat, serta dengan Selat Bering dan Samudra Pasifik di timur.

Advertisement

Asia Benua Terluas di Muka Bumi

Benua Asia merupakan benua terluas di permukaan bumi. Luasnya mencapai 44.000.000 km2 atau seperempat luas wilayah daratan dunia atau empat setengah kali luas Benua Eropa.

Wilayahnya membentang dari Turki di bagian barat sampai Rusia di bagian timur. Benua Asia juga meliputi Indonesia di selatan sampai Rusia di utara mendekati kutub utara. Dibandingkan dengan negara lainnya di Asia, maka Rusia adalah negara terluas di Benua Asia. 

Gambar. Pembagian Wilayah Benua Asia (foto/istimewa)

Pembagian Wilayah Benua Asia

Benua Asia terbagi menjadi beberapa wilayah atau region yaitu Asia Barat atau Asia Barat Daya (Asia Timur Tengah), Asia Tengah, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tenggara dan Rusia. Masing-masing wilayah memiliki ciri atau karakteristik yang membedakannya dengan wilayah lainnya.

Advertisement

Baca juga Pengaruh Perubahan Ruang Interaksi Antarruang Di 5 Benua

Pembagian tersebut lebih didasari oleh perbedaan budaya dibandingkan aspek fisik wilayah. Pembagian Benua Asia menjadi sejumlah wilayah atau region dapat dilihat pada peta bagan berikut ini.

Gambar. Benua Amerika (foto/istimewa)

2. Benua Amerika

Benua Amerika sering juga disebut sebagai Benua Merah. Sebutan itu didapat karena benua tersebut terdapat Suku Bangsa Indian. Suku Indian tidak berkulit merah sebenarnya kulit mereka terlihat merah karena Suku Indian suka melumuri kulit dengan cat berwarna merah.

Advertisement

Baca juga PERSEBARAN PENDUDUK DI LIMA BENUA

Letak dan Luas Benua Amerika

Benua Amerika terletak pada 1700 BT–350 BB dan 830 LU–550 LS. Batas Benua Amerika adalah Samudra Arktik di utara, Laut Weddel, Samudra Atlantik, dan Samudra Pasifik di selatan, Samudra Atlantik di timur, serta Samudra Pasifik di barat.

Benua Amerika merupakan benua terbesar kedua setelah Asia. Luas Benua Amerika mencapai 42.057.100 km2 . Perhatikan lah peta Benua Amerika berikut ini, cermatilah negara-negara yang menjadi bagiannya.

Pembagian wilayah Benua Amerika secara geografis

Secara geografis, Amerika terbagi atas empat kawasan atau region yakni kawasan Amerika Selatan, Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Kepulauan Karibia yang terletak di sekitar Amerika bagian tengah.

Sejumlah ahli geografi berpendapat bahwa Meksiko masuk ke dalam wilayah Amerika Tengah. Peta berikut menggambarkan pembagian wilayah Benua Amerika.

Pembahasan 3 Benua lainnya ada di Letak dan Luas 3 Benua; Eropa, Afrika dan Australia

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button