Pelajaran SMPPrakarya Kelas 7

Kemasan Produk Kerajinan Tekstil

Kemasan Produk Kerajinan Tekstil, Kemasan merupakan sentuhan akhir dari sebuah proses. Pada karya modifikasi kerajinan dari bahan limbah organik, yang perlu diperhatikan adalah ukuran dari karya. Tidak semua karya kerajinan dapat dibuat kemasan, terkadang karena ukurannya sangat besar karya tidak bisa dibuat kemasan. Oleh sebab itu, kemasan dapat dilakukan pada karya-karya yang berukuran kecil hingga sedang, yang mudah dibawa. Tetaplah mengikuti prinsip bahwa semua bergantung kepada cocok tidaknya sebuah produk pada kemasannya. Perlu diingat keempat fungsi kemasan yang telah dibahas pada bagian terdahulu. Prinsip desain berkelanjutan tetap terus menjadi prioritas, meskipun yang dibuat adalah kemasan, perlu dipikirkan agar kemasan tidak langsung dibuang namun dapat digunakan untuk fungsi lain oleh konsumen. Dengan demikian, penting untuk memikirkan bentuk kemasan yang manarik untuk dibuat.

Contoh Proyek Kerajinan Tekstil

Kemasan Produk Kerajinan Tekstil, Contoh proyek merupakan bagian penting yang dapat membuat tugas individu. Contoh di bawah ini tidak harus menjadi proyek yang wajib untuk diikuti. Kamu dapat memilih jenis pembuatan kerajinan tekstil seperti yang telah dijelaskan sebelumya. Perhatikan potensi wilayah dalam menentukan karya yang akan dibuat. Pada kegiatan ini kita akan membuat kerajinan tekstil jahit aplikasi. Ingatlah uraian jahit aplikasi yang sudah dijelaskan pada bagian terdahulu. Perhatikan langkah-langkahnya berikut ini.

Menganalisis kebutuhan

Ilustrasi Rena berencana menghadiahkan tas dalam bentuk jahit yang setiap kainnya dianyam untuk adiknya yang tengah berulang tahun. Rena ingin memberikan hadiah yang dibuatnya sendiri. Ia ingin mencoba pemahamannya tentang teknik anyaman pada kain untuk diterapkan dalam pembuatan produk tas ini. Kemampuannya ini akan ditekuni sebagai pengisi waktu luang jika ia berhasil dalam membuat tas unik ini.

Ide/Gagasan Rena ingin mencoba keterampilannya dalam menggunakan bahan dan alat yang tersedia di sekolah, sekaligus untuk memperoleh nilai terbaik. Bahan yang digunakan Rena adalah kain katun yang mudah dibentuk atau dilipat.

Membuat sketsa karya dan menentukan karya terbaik dari sketsa.

Pelaksanaan

Menyiapkan bahan dan alat Bahan yang diperlukan sebgai berikut. Kain warna ungu, Benang, Lem, Kapur jahit. Alat yang dibutuhkan sebagai berikut. Lem Tembak, Gunting, Mesin jahit, Jarum pentul, skoci, Rader.

Membuat karya kerajinan tas

Langkah-langkah dalam pembuatan tas sebagai berikut. Kain dirader sesuai pola, Potong kain dan jahit, Setelah dibalik, susun kain dengan jarum pentul, Susunlah anyaman dengan arah diagonal, Pasang pada kain sedikit sedikit, Setelah lebar beri tepian ungu dan jahit, Satukan panjang tas melingkar, Buat tutup tas bentuk persegi, Beri tali dan pengunci dengan dijahit, Jahit tutup dan beri Velcro, Proses pembuatan tas.

Baca juga Batik Pedalaman dan Batik Pesisir

Evaluasi

Rena melakukan evaluasi dengan menguji karya tasnya dengan dipakaikan sendiri. Rena merasakan kenyaman/ketidaknyamanan pada tas buatannya. Rena mereÅeksi diri dengan memperhatikan keselamatan kerja, keamanan dan kebersihan dalam berkarya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button