Pelajaran SMPPrakarya Kelas 7

Alat Produksi Jahit Aplikasi

Alat Produksi Jahit Aplikasi, Dalam pembuatan jahit aplikasi, alat yang dibutuhkan hampir sama dengan jahit pada umumnya. Alat tersebut di antaranya adalah jarum jahit tangan, gunting, jarum pentul, bantalan jarum, tudung jari, alat pemasuk benang, pemidangan, pensil/kapur jahit, cukil/pendedel, dan seterika.

Jarum jahit tangan dan jarum sulam

Alat Produksi Jahit Aplikasi, Jarum sulam berfungsi untuk membuat berbagai macam tusuk hias yang dikerjakan dengan tangan. Besar kecilnya jarum tergantung pada benang yang digunakan untuk menyulam. Jika menyulam menggunakan benang halus, maka jarum yang digunakan adalah jarum yang kecil, jika menggunakan benang yang besar maka jarum yang digunakan adalah jarum yang berukuran lubang besar.

Gunting

Gunting yang dibutuhkan untuk membuat sulam meliputi: gunting kain, gunting kertas, Gunting benang, dan gunting bordir/sulam.

Jarum pentul dan bantalan jarum

Jarum pentul digunakan untuk membantu menggabungkan kain satu dengan lainnya agar tidak bergeser dari tempatnya. Bantalan jarum untuk memudahkan kita dalam menempatkan jarum agar rapi dan tidak berserakan.

Tudung jari dan alat pemasuk benang Tudung jari digunakan untuk melindungi jari dari tertusuk jarum. Alat pemasuk benang atau biasa disebut sayang nenek berfungsi untuk membantu memasukkan benang pada lubang jarum.

Pemidangan Pemidangan digunakan untuk meregangkan kain agar permukaan menjadi rata dan licin, sehingga memudahkan saat menyulam.

Pensil/kapur jahit Pensil atau kapur jahit dibutuhkan untuk menggambar pola-pola yang akan dijadikan aplikasi pada kertas dan kain.

Cukil/pendedel jahitan Cukil/pendedel diguankan untuk membongkar jahitan yang salah.

Seterika digunakan untuk menghaluskan pola-pla aplikasi agar lebih mudah dijahit.

Bahan Produksi Jahit Aplikasi

Bahan yang biasa digunakan dalam menjahit aplikasi terdiri dari; benang jahit atau sulam, kain bermotif atau polos, dapat pula digunakan kain perca. Saat ini sedang menjamur penggunaan kain felt atau flanel yang memiliki ratusan ragam warna sebagai bahan aplikasi.

Benang jahit atau benang sulam

Benang jahit atau sulam yang digunakan banyak warnanya. Kita dapat memilih penggunaan jenis benang dan warna yang diinginkan sesuai dengan warna bahan.

Kain bermotif atau polos dan kain felt

Kain bermotif atau polos yang digunakan sebagai pola aplikasi, pemakeannya disesuaikan dengan warna dasar kain. Kain felt memiliki tektur yang lembut dan agak tebal. Warnanya pun sangat menarik untuk dipergunakan sebagai bahan aplikasi. Banyak orang memilih bakan felt untuk membuat bahan aplikasi pada kain.

Baca juga Proses Produksi Kerajinan Tekstil

Proses pembuatan jahit Aplikasi

Pada bagian ini dipelajari bagaimana membuat aplikasi jahit dengan bentuk bantal hias sederhana. Saat membuat aplikasi tertentu dahulu apakah hiasan permukaan yang digunakan adalah untuk memperindah sebuah bantal yang sudah ada atau memang sengaja dibuat sedemikian rupa untuk dihasilkan benda yang diinginkan. Dengan demikian akan diketahui dari mana kita harus memulai bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button