IPA Kelas 8

Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar

Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar

Rangkuman

  • Jarak merupakan panjang lintasan yang ditempuh, sedangkan perpindahan merupakan jumlah lintasan yang ditempuh dengan memperhitungkan posisi awal dan akhir benda.
  • Gerak Lurus dibedakan menjadi dua, yaitu Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB).(GLB) Gerak Lurus Beraturan terjadi apabila kecepatan Jerak suatu benda konstan. (GLBB) Gerak Lurus Berubah Beraturan terjadi apabila suatu benda bergerak dengan percepatan yang konstan.
  • Gaya adalah tarikan atau dorongan. Dapat mengubah bentuk, arah, dan kecepatan benda. Gaya dapat dibedakan menjadi gaya sentuh dan gaya tak sentuh.
  • Gaya sentuh contohnya adalah gaya otot dan gaya gesek. Gaya otot adalah gaya yang ditimbulkan oleh koordinasi otot dengan rangka tubuh. Gaya gesek adalah gaya yang diakibatkan oleh adanya dua buah benda yang saling bergesekan.
  • Gaya tak sentuh adalah gaya yang tidak membutuhkan kontak langsung dengan benda yang dikenai.
  • Hukum I Newton menyatakan bahwa benda yang tidak menJalami resultan Gaya(ƶF=0) akan tetap diam atau bergerak lurus beraturan.
  • Hukum II Newton menyatakan bahwa percepatan gerak sebuah benda berbanding lurus dengan gaya yang diberikan, namun berbanding terbalik dengan massanya.
  • Hukum III Newton menyatakan bahwa ketika benda pertama mengerjakan gaya (Faksi) pada benda kedua, maka benda kedua tersebut akan memberikan gaya (Freaksi) yang sama besar ke benda pertama namun berlawanan arah atau ( Faksi= –Freaksi )
Rangkumangerak benda dan makhluk hidup di lingkungan sekitar, selanjutnya
  • Fungsi rangka yaitu memberikan bentuk pada tubuh dan menopang tubuh kita; melindungi organ dalam, misalnya tulang rusuk melindungi jantung dan paru-paru,tulang tengkorak melindungi otak;tempat menempelnya otot yang merupakan alat gerak aktif sehingga dapat menggerakkan tulang;sebagai tempat pembentukan sel darahpada jenis tulanJ tertentu seperti tulang paha (pada jenis tulang tertentu, seperti tulang paha).
  • Berdasarkan bentuknya, tulang dapat dibedakan menjadi empat jenis tulang, yaitu tulang panjang (misalnya tulang lengan atas atau humerus), tulang pipih (misalnya tulang dada atau sternum), tulang pendek(misalnya tulang ruas jari atau falang), dan tulang tidak beraturan (misalnya tulang punggung atau vertebra).
  • Sendi adalah tempat bertemunya dua tulang atau lebih. Sendi dapat dikelompokkan berdasarkan banyak sedikitnya gerakan yang mungkin dilakukan. Sendi yang tidak dapat digerakkan disebut dengan sinartrosis, misalnya sendi yang terdapat pada tulang tengkorak. Sendi yang dapat digerakkan namun terbatas disebut dengan amfiartrosis misalnya sendi antarruas tulang belakang. Sendi yang dapat digerakkan dengan bebas disebut dengan diartrosis. Sendi diartrosis dibagi menjadi sendi peluru, sendi engsel, sendi putar, sendi pelana, dan sendi geser.
  • Ada tiga jenis jaringan otot yang menyusun tubuh manusia, yaitu otot rangka, otot jantung, dan otot polos.
  • Beberapa macam gangguan dan kelainan yang terjadi pada sistem gerak antara lain riketsia osteoporosis, fraktura (patah tulang), artritis, lordosis, kifosis, dan skoliosis.
  • Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar. Hewan yang hidup di air dapat melayang-layang di dalam air dengan mengeluarkan sedikit energi karena adanya gaya angkat oleh air.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button