Advertisement
Advertisement
IPS Kelas 9Pelajaran IPSSosiologi

Contoh Perubahan Sosial Budaya yang Direncanakan dan Tidak Direncanakan

Advertisement

Contoh Perubahan Sosial Budaya yang Direncanakan dan Tidak Direncanakan. Perubahan sosial budaya banyak bentuknya, perubahan-perubahan ini dilihat dari berbagai sudut pandang pengembangan kali ini kita akan melihat perubahan sosial budaya dari sudut perencanaan.

1. Perubahan yang Direncanakan/Planned Change

Contoh Perubahan Sosial Budaya yang Direncanakan dan Tidak Direncanakan. Gambar di atas adalah contoh dari perubahan sosial yang direncanakan. Mengapa pembangunan jalan dikategorikan dalam perubahan sosial budaya yang direncanakan? 

Perubahan yang direncanakan atau planned change merupakan perubahan yang memang diinginkan dan dikehendaki oleh masyarakat atau pihak yang menginginkan perubahan. Pembangunan dapat dikatakan sebagai contoh perubahan sosial yang dikehendaki dan direncanakan.

Advertisement

Salah satu contoh pembangunan yang dilakukan di Indonesia adalah pembangunan jalan. Kondisi jalan di Indonesia berbeda-beda, terdapat jalan yang sudah tertata dengan baik, misalnya beraspal mulus, dan terdapat jalan yang kondisinya belum beraspal.

Jalan yang terdapat di suatu daerah bermacam-macam, ada jalan nasional dan jalan daerah. Jalan nasional adalah jalan penghubung antar provinsi yang dibangun untuk memperlancar transportasi lintas nasional, sehingga langsung menjadi tanggung jawab negara.

Sedangkan jalan daerah merupakan jalan penghubung antardaerah di dalam provinsi. Jalan penghubung antar kabupaten/kota menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi, sedangkan jalan penghubung antar kecamatan merupakan tanggung jawab pemerintah kabupaten. Siapakah yang merencanakan pembangunan jalan?

Pembangunan jalan direncanakan oleh pihak-pihak yang merencanakan perubahan atau biasa disebut agent of change. Siapa yang dapat dikategorikan sebagai agent of change? Pemerintah, masyarakat, atau tokoh masyarakat dapat menjadi contoh pihak yang berperan dalam merencanakan perubahan.

Gambar. Salah satu perubahan yang direncanakan penggunaan teknologi dalam proses produksi (foto/istimewa)

Contoh lain Perubahan Dilihat dari Perencanaannya

Dapatkah kamu menyebutkan contoh lain tentang perubahan sosial yang direncanakan? Selain pembangunan jalan sebagai perubahan sosial yang direncanakan, dapat dicontohkan pula penerapan teknologi dalam kegiatan pendidikan.

Penerapan Buku Sekolah Elektronik, misalnya, merupakan suatu perubahan yang direncanakan. Pembangunan di bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan tersebut juga merupakan perubahan sosial budaya yang dikehendaki atau direncanakan.

Advertisement

Baca juga Bentuk-bentuk perubahan sosial budaya akibat globalisasi

Pembangunan di bidang pendidikan ditujukan untuk mengejar ketertinggalan bangsa dari laju pertumbuhan bangsa lain.

Pembangunan di bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan akan mendukung peningkatan kemampuan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berdaya saing. Penerapan teknologi dalam bidang pendidikan dilakukan untuk mempermudah proses pembelajaran.

Advertisement
Gambar. Bencana alam salah satu perubahan yang tidak direncanakan (foto/istimewa)

2. Perubahan yang Tidak Direncanakan/Unplanned Change

Apakah perubahan yang terjadi akibat dari bencana alam direncanakan sebelumnya? Apa yang dimaksud dengan perubahan yang tidak direncanakan? Perubahan sosial budaya yang tidak direncanakan adalah perubahan yang terjadi di luar jangkauan pengawasan masyarakat.

Baca juga Selektif Terhadap Kemajuan Iptek di bidang Ekonomi dan Bidang Sosial Budaya

Bencana alam seperti gunung meletus, gempa, banjir dan sebagainya akan membawa perubahan bagi masyarakat yang mengalaminya. Perubahan sosial budaya yang tidak direncanakan terkadang terjadi sebagai akibat perubahan yang direncanakan.

Advertisement

Sebagai contoh, perubahan penggunaan traktor dalam teknologi pertanian merupakan sebuah perubahan yang direncanakan. Kemajuan dan penerapan teknologi tersebut menguntungkan petani karena menghemat tenaga, waktu, dan biaya.

Namun disisi lain menimbulkan dampak yang tidak direncanakan, misalnya, banyak buruh tani kehilangan pekerjaan karena tenaganya telah digantikan mesin. Selain itu, dampak lainnya adalah memudarnya nilai kegotongroyongan warga masyarakat dalam mengerjakan lahan pertaniannya.

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button