Advertisement
Advertisement
Berita

Cara Mendaftar Beasiswa KIP Kuliah Merdeka

Advertisement

Cara Mendaftar Beasiswa KIP Kuliah Merdeka, memberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk ikut program beasiswa KIP Kuliah merdeka. Program ini akan membantu mewujudkan impian putra-putri bangsa meraih cita-citanya melalui jalur kuliah baik diperguruan tinggi negeri maupun di swasta.

Program Beasiswa KIP Kuliah merdeka sudah di luncurkan oleh Mas Menteri Nadim Makarim (26/3), secara online disaksikan oleh Kepala Dinas seluruh Indonesia dan Perguruan tinggi di Indonesia. Beasiswa ini mampu membiayai, mencapai 852,445 peserta dengan anggaran yang disiapkan sebesar 2,5 Triliun.

Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah:

  1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps*;
  2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif;
  3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah**;
  4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan;
  5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri);
  6. Selanjutnya, Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih.  Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host.
  7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Untuk mendaftarkan diri dengan program ini bisa mengunjungi web resmi dari kemendikbud https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ semua informasi berhubungan dengan beasiswa KIP Kuliah Merdeka bisa di dapatkan disini.

Advertisement

Baca juga KIP Kuliah Merdeka: kesempatan kuliah semakin terbuka

Cara Mendaftar Beasiswa KIP Kuliah Merdeka. Beberapa keunggulan KIP kuliah, beasiswa diberikan melebihi bidikmisi pada tahun 2020 yang hanya memberikan beasiswa kepada 400.000 peserta. Lebih banyak memberikan akses kepada peserta didik Vokasi. Sistem terintegrasi dengan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. KIP Kuliah terbagi menjadi 2 kelompok yaitu KIP Kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi. KIP Kuliah Afirmasi, antara lain meliputi Bantuan Biaya Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) untuk ADik Papua, ADik Papua Barat dan ADik 3T. (kip.kuliah.kemdikbud.go.id)

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button