Berita

KIP Kuliah Merdeka: kesempatan kuliah semakin terbuka

KIP Kuliah Merdeka: kesempatan kuliah semakin terbuka, salah satu program prioritas pemerintah dalam bidang Pendidikan yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Madin Anwar Makarim pada hari Jum’at 26 Maret 2021. Yang disosialisasikan secara online di depan kepala dinas propinsi dan kebupaten/kota serta Perguruan tinggi seluruh Indonesia baik negeri maupun swasta.

Dalam sambutan peluncuran Merdeka belajar ke 9, mendikdud mengatakan “Pendidikan tinggi memiliki potensi memberikan dampak positif tercepat dalam membangun SDM unggul”, karena sangat dekat dengan jenjang kerja atau dunia industri.

Universitas Indonesia

Beasiswa KIP Kuliah sejalan dengan arahan presiden Jokowi untuk meningkatkan akses pada Pendidikan tinggi sehingga calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu tetap mau dan dapat kuliah. Dengan kuliah, mahasiswa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan meningkatkan status ekonomi keluarganya dimasa depan. Untuk itu KIP Kuliah perlu memberikan akses ke program studi dan perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

KIP Kuliah tidak hanya berlaku untuk perguruan tinggi negeri akan tetapi semua perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang terbaik di Indonesia. Mahasiswa diharapkan tidak hanya mampu kuliah akan tetapi berdampak pada pekerjaan yang diperoleh dan status sosial yang lebih baik.

Beasiswa yang semula bernama Bidikmisi ini di sempurnakan menjadi KIP Kuliah dengan jumlah siswa penerima beasiswa pada 10 tahun terakhir terus meningkat hingga 10 kali lipat. Beasiswa KIP Kuliah menargetkan mencapai 852,445 peserta beasiswa.

Beasiswa KIP Kuliah tidak hanya besiswa untuk biaya kuliah saja tetapi termasuk juga biaya hidup mahasiswa selama kuliah diperguruan tinggi yang menjadi pilihannya. Beasiswa kuliah akan diberikan mulai dari 2,4 juta sampai 12 juta tergantung biaya UTK dan Akreditasi prodi yang dipilih, Prodi berakreditasi A mendapatkan beasiswa maksimal 12 juta, prodi berakreditasi B maksimal mendapatkan 4 juta, prodi dengan akreditasi C maksimal 2,4 juta.

Universitas Indonesia

Sedangkan beasiswa untuk biaya hidup selama mengikuti kuliah besarannya naik yang tadinya hanya diberikan antara 600-700 ribu per bulan untuk semua wilayah di Indonesia sekarang akan ditingkatkan sesuai dengan kategori klaster di setiap daerah. Biaya hidup mahasiswa penerima beasiswa dibagi kedalam 5 klaster, daerah klaster 1 besarannya Rp. 800ribu, daerah klaster 2 besarannya Rp. 950ribu, daerah klaster 3 besarannya Rp. 1.100ribu, daerah klaster 4 besarannya 1.250ribu dan daerah klaster 5 besarannya Rp. 1.400ribu.

Baca juga Peluncuran Akun Pembelajaran oleh Kemendikbud

Pemerintah mengalokasikan anggaran untuk beasiswa KIP Kuliah sebesar 2,5 Triliun, anggaran beasiswa ini meningkat tajam dibandingkan dengan tahun 2020 yang hanya menggalokasikan anggaran beasiswa sebesar 1,3 Triliun setiap tahunnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button