Advertisement
Advertisement
PJJ IPS KELAS 8

Upaya Menanggulangi Arus Urbanisasi yang Terjadi di Antar Negara

Advertisement

Upaya Menanggulangi Arus Urbanisasi yang Terjadi di Antar Negara, Arus globalisasi yang masuk begitu deras tidak bisa kita tolak dan tidak bisa kita hindarkan. Yang bisa kita lakukan adalah mengambil sikap dalam menghadapi globalisasi.

Pengaruh positif globalisasi kita akomodasi, di adaptasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sedangkan pengaruh yang negatif, kita tolak dan di hindari supaya masyarakat terhindar dari penurunan moral dan budaya asli setempat.

Pancasila merupakan jatidiri bangsa yang digali dari nilai nilai luhur bangsa saat mendirikan Negara Kesatuan Repubik Indonesia. Oleh karena itu Pancasila haris menjadi filter yang kuat dalam menyaring arus globalisasi yang masuk ke Indonesia.

Advertisement

Nilai-nilai budaya asli Indonesia yang sudah mengakar harus dijaga, dilestarikan supaya kita tidak kehilangan jatidiri bangsa.

Upaya Menanggulangi Arus Globalisasi

Perkembangan teknologi komunikasi membuat manusia dapat memperoleh segala informasi yang mereka butuhkan secara cepat sehingga dapat mempermudah kehidupannya.

Keberadaan globalisasi membuat berbagai informasi dari seluruh penjuru dunia dapat diakses oleh individu yang membutuhkan. Ketersediaan Informasi selain bermanfaat untuk memecahkan masalah kehidupan tetapi juga menimbulkan berbagai permasalah terutama dalam bidang sosial budaya.

Generasi muda merupakan pengguna media informasi modern paling banyak. Akibat generasi muda belum memiliki identitas yang kuat dan pemikiran yang matang, mereka dikhawatirkan dapat hanya meniru budaya asing yang mereka lihat dan kehilangan kepribadian sebagai bangsa Indonesia.

Teknologi informasi melalui internet jika digunakan secara semestinya tentu akan mendatangkan manfaat yang berguna tetapi jika tidak, akan mendatangkan kerugian.

Salah satu media yang bisa dipergunakan untuk mendapatkan informasi global (ilustrasi foto/istimewa)

Penggunaan Teknologi Pada Anak Muda

Upaya Menanggulangi Arus Urbanisasi, saat ini banyak pelajar menggunakan teknologi internet dengan kurang baik misalnya untuk membuka situs-situs porno dan mengakses game online dalam waktu yang lama sehingga mengakibatkan kecanduan. Pengaruhpengaruh buruk tersebut, apabila dibiarkan dapat membuat moral dan masa depan generasi muda terancam.

Advertisement

Penggunaan teknologi informasi dan internet bagi generasi muda harus harus diarahkan dan diawasi agar masa depan mereka terjaga. Agar internet dapat mendukung upaya menuju kemajuan tanpa meninggalkan jati diri bangsa.

Baca juga Merencanakan Sikap terbaik dalam mengatasi perubahan sosial budaya

Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button