Advertisement
Advertisement
PJJ IPS KELAS 9

Menganalisis Dampak Positif dan Dampak Negatif Globalisasi

Advertisement

Menganalisis Dampak Positif dan Dampak Negatif Globalisasi, Suatu perubahan atau kemajuan dalam masyarakat tidak hanya menghasilkan dampak positif tetapi juga kemungkinan terjadinya dampak negatif.

Terkait dengan ini, selain perhatian pada dampak positif, kita juga harus memperhatikan dampak negatif yang terjadi agar tidak semakin besar berkelanjutan dan merugikan masyarakat.

Akibat Positif Globalisasi

Globalisasi melalaui penyebaran informasi melalui internet memungkinkan Ananda mengetahui dan mempelajari kebudayaan-kebudayaan bangsa lain di seluruh dunia.

Advertisement

Melalui pengetahuan ini Ananda dapat mengetahui kelebihan dari budaya lain agar dapat digunakan untuk memperkaya atau memperbaiki kebudayaan bangsa yang sudah ada.

Selain digunakan untuk mengetahui kebudayaan dari negara lain, teknologi internet juga memudahkan kekayaan alam dan kebudayaan Indonesia lebih dikenal oleh masyarakat dunia.

Apabila dahulu masyarakat Eropa mungkin hanya mengenal Indonesia melalui pulau Bali sebagai objek wisata, namun kini masyarakat Eropa mulai mengetahui keindahan alam Indonesia yang lain seperti Keindahan Danau Toba di Sumatra Utara, Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara, Perairan Raja Ampat di Papua, Tari Bedoyo Ketawang dari Solo (Jawa Tengah), Tarian Persembahan dari Sumatra Barat, Kemeriahan tari Perang dari suku Nias di Sumatra Utara dan lain sebagainya.

Semua kekayaan budaya Indonesia ini menjadi daya tarik agar masyarakat dunia dapat mempelajari keindahan budaya Indonesia.

Budaya menjadi salah satu daya tarik Indonesia (ilustrasi foto/suara merdeka solo)

Akibat Negatif Globalisasi

Guncangan kebudayaan (cultural shock); adalah suatu keadaan mengejutkan yang umumnya dialami oleh golongan tua akibat adanya perubahan budaya.

Kemajuan teknologi biasanya disambut hangat oleh generasi muda karena dapat memudahkan kehidupan mereka tetapi dapat ditanggapi negative oleh golongan tua karena telah merasa nyaman dengan kebudayaan yang lama.

Advertisement

Goncangan budaya yang dialami oleh anggota masyarakat yang belum siap menerima perubahan dapat mengakibatkan perasaan cemas, kebingungan atau frustasi karena merasa tertinggal dari individu lain.

Ketimpangan kebudayaan (cultural lag); juga merupakan hal negatif yang kemungkinan terjadi akibat globalisasi. Ketimpangan kekebudayaan terjadi manakala masyarakat suatu budaya belum siap dengan kebudayaan baru karena tingkatannya terlalu jauh.

Advertisement

Advertisement
1 2Next page
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button