Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita

SMK Pusat Keunggulan Menjadi Perhatian Pemerintah

Advertisement

SMK Pusat Keunggulan Menjadi Perhatian Pemerintah, Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nadiem Anwar Makarim meluncurkan program Merdeka Belajar episode ke 8, Jum’at (17/3) secara online dengan SKB 3 Menteri dan disaksikan oleh Pimpinan dan Kepala Daerah di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan yang berbahagia Mendikbud memaparkan Program Merdeka Belajar episode ke 8, SMK Pusat Keunggulan. Dalam pemaparan tersebut diungkapkan bahwa ini merupakan realisasi visi Presiden mengenai SDM unggul di Indonesia melalui Pendidikan Vokasi yang berkualitas.

Pemerintah harus berani terima tantangan dengan jujur bahwa SMK masih sulit menjawab kebutuhan dunia kerja sehingga perlu dibenahi. Memang benar sekarang ini sudah ada beberapa SMK berkelas dunia yang lulusan-lulusannya langsung diserap oleh dunia kerja atau dunia usaha bahkan menciptakan lapangan pekerjaan.

Advertisement

Kenyataannya kebanyakan SMK yang ada sekarang ini belum bisa mencapi level yang dibutuhkan dunia kerja. Beberapa tantangan yang harus dijawab pemerintah diantaranya.

  • Kesempatan peningkatan kompetensi guru, kepala sekolah dan pengawas SMK sesuai dengan kebutuhan kerja masih jauh.
  • Sinergi pemangku kepentingan, termasuk dunia kerja pada program pengembangan SMK masih kurang.
  • Belum semua SMK mengembangkan kurikulum Bersama dunia kerja. Belum semua SMK memiliki fasilitas yang sesuai standar.
  • Manajemen sekolah masih cenderung terbebani hal-hal administratif.

Perlu adanya Solusi Konfrehensif

Dengan demikian perlu adanya solusi konfrehensif untuk menjawab tantangan dalam rangka pengembangan kondisi SMK sejalan dengan kebutuhan dunia kerja.

SMK Terus bertranformasi dari tahun ke tahun mulai tahun 2019 fokus dalam peningkatan mutu dan kualitas sarana dan prasarana pembelajaran sesuai dengan standar dunia kerja. Khususnya sektor maritim, pariwisata, pertanian, industri kreatif dan teknologi.

Pada tahun 2020 diluncurkan program SMK Center of Excellence yang fokus pada peningkatan pembelajaran dunia kerja peningkatan kompetensi guru dan kepala sekolah SMK serta sarana dan prasarananya. Prioritas utama permesinan dan kontruksi, ekonomi kreatif, hospitality, care service) serta prioritas lain (Kerjasama luar negeri).

Pada tahun 2021 ini kemdikbud evolusi SMK menjadi Pusat Keunggulan, dua perubahan besar pada SMK Pusat Keunggulan, yang pertama adalah pembinaan yang akan dilakukan oleh perguruan tinggi terutama dari prodi-prodi vokasi dan politeknik-politeknik yang paling hebat. Yang kedua SMK Pusat Keunggulan hanya satu tahun bisa di tambah menjadi 3 tahun. Jadi filsafat dari program di kembikbud sekarang ini iterasi setiap tahun harus terus diperbaiki untuk mendapatkan yang efektif mencapai yang terbaik.

Visi program SMK Pusat Keunggulan, menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan Pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja, serta menjadi rujukan/pengimbas dalam peningkatan kwalitas dan kinerja SMK Lainnya. Lulusan SMK di proyeksikan siap untuk bekerja, melanjutkan studi, wirausaha. (kemdikbud.go.id)

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button