PJJ IPS KELAS 7

Perkembangan Sarana dan Prasarana dalam Interaksi Antarruang

Perkembangan Sarana dan Prasarana dalam Interaksi Antarruang, Sarana adalah alat yang dapat digunakan untuk melancarkan atau memudahkan manusia dalam mencapai tujuan tertentu. Sarana dapat berbentuk benda bergerak dan tidak bergerak dan umumnya berbentuk kecil dan bisa dipindah-pindah.

Sedangkan prasarana adalah penunjang dan umumnya merupakan fasilitas yang tidak bergerak, misalnya gedung sekolah, lapangan, jembatan, jalan, Pelabuhan, dan masih banyak lagi contoh lainya.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah merambah berbagai macam bidang kehidupan termasuk bekerjasama dengan bidang yang sebelumnya tidak berhubungan yaitu teknogi informasi dengan transportasi dan penjualan, kemudian kita mengenal ojek online dan belanja online.

Pusat-pusat Pertumbuhan

Pusat pertumbuhan merupakan wilayah atau kawasan yang pertumbuhannya pesat, Sehingga dijadikan pusat pembangunan yang dipengaruhi kawasan-kawasan lain di sekitarnya.

Dengan adanya kawasan yang dijadikan sebagai pusat pertumbuhan, diharapkan kawasan- kawasan di sekitarnya ikut maju. Wilayah yang menjadi pusat pertumbuhan dapat mendorong wilayah lain yang berada di daerah sekitarnya.

Pusat pertumbuhan yang muncul di suatu wilayah akan meningkatkan kegiatan perekonomian di wilayah itu. Selain itu wilayah pusat pertumbuhan cenderung memiliki penduduk yang semakin padat yang akan menarik banyak tenaga kerja.

Ada be­berapa faktor yang bisa memengaruhi perkembangan dalam wilayah pusat pertumbuhan, antara lain:Lokasi, Sumber daya alam, Sumber daya manusia,Topografi/ bentuk Fasilitas penunjang, Industri, Sosial budaya masyarakat.

Rangkuman

Suasana pasar menjadi bagian dari interaksi antarruang (ilustrasi foto/istimewa)

Perkembangan Sarana dan Prasarana, ruang di permukaan bumi memiliki karaktristik baik bentuk, fungsi, dan kondisi fisik yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut menciptakan hubungan saling membutuhkan sehingga terjadi interaksi antarruang. Terjadinya pergerakan orang, barang, dan informasi memerlukan sarana dan prasarana.

Baca juga Kerajaan Singasari merupakan kerajaan yang terletak di Jawa Timur

Pergerakan orang, barang dan jasa pada suatu lokasi tertentu akan menimbulkan pemusatan aktivitas manusia pada lokasi tujuan. Pemusatan aktivitas penduduk tersebut kemudian membentuk daerah perkotaan.

Pusat pertumbuhan merupakan wilayah atau kawasan yang pertumbuhannya pesat, Sehingga dijadikan pusat pembangunan yang dipengaruhi kawasan-kawasan lain di sekitarnya. Pusat pertumbuhan yang muncul di suatu wilayah akan meningkatkan kegiatan perekonomian di wilayah itu.

Selain itu wilayah pusat pertumbuhan cenderung memiliki penduduk yang semakin padat yang akan menarik banyak tenaga kerja. (Kontbr/bgku)

Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button