PPKn Kelas 9

Perjuangan Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia

BUGURUKU.COM – Perjuangan Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Apa yang kalian ketahui tentang peristiwa pada gambar di atas. Coba kalian ceritakan apa yang kalian ketahui sesuai pengamatan kalian. Gambar di atas merupakan beberapa peristiwa yng terjadi saat awal kemerdekaan bangsa Indonesia.

Setelah bangsa Indonesia memproklamasikan berdiri Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka perjuangan kemerdekaan belumlah berakhir. Keinginan bangsa Indonesia untuk membangun sendiri negara yang merdeka dan berdaulat mendapat tantangan besar dari pemerintah Belanda.

Pada 1946, secara sepihak Belanda kembali masuk ke Indonesia mengatasnamakan sebagai penguasa yang sah karena berhasil mengalahkan Jepang yang sebelumnya mengambil alih kekuasaan Hindia Belanda (Indonesia) dari Belanda.

Menghadapi situasi semacam ini, menggeloralah semangat revolusi kemerdekaan yang mengakibatkan Indonesia yang baru kembali kemerdekaan Indonesia. Perjuangan mempertahankan kemerdekaan tersebut melewati beberapa episode penting yang mengkombinasikan antara waktu 1945-1949.

Perjuangan Fisik Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Acaman terhadap keutuhan Negara Kesatua Republik Indonesia setelah diproklamasikan tanggal 17 Agustus 1945 adalah kedatangan Belanda ke Indonesia. Belanda sebagai salah satu anggota Sekutu yang memenangkan Perang Dunia II, menyatakan berhak atas Indonesia karena sebelumnya mereka menjajah Indonesia. Mereka datang dengan membentuk NetherlandsIndies Civil Administration (NICA) dengan menumpang dalam Allied Forces Netherland East Indies (AFNEI).

Baca juga Makna Berperilaku Sesuai dengan Nilai Pancasila

Kedatangan Belanda dengan menumpang AFNEI mendapat perlawanan bangsa Indonesia. Apalagi setelah secara terang-terangan Belanda mulai menduduki wilayah Indonesia. Coba cari informasi bagaimana perjuangan rakyat di daerah kalian, dalam melawan Belanda pada awal kemerdekaan. Juga perjuangan rakyat di daerah lain di Indonesia.

Apakah benar pernyataan bahwa perjuangan mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Belanda terjadi di seluruh wilayah Indonesia. Berikut merupakan sebagian perjuangan melawan Belanda secara fisik untuk mempertahankan kemerdekaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button