PPKn Kelas 9

Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

BUGURUKU.COM – Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Akhirnya, kalian telah sampai pada materi pembelajaran bab terakhir di kelas IX. Tentunya pengalaman belajar kalian sudah semakin lengkap setelah mempelajari lima bab sebelumnya. Selain itu, kalian juga juga tentunya semakin kompeten.

Semua itu harus kalian jadikan modal untuk mempelajari materi pembelajaran pada bab terakhir ini. Perlu kalian ingat, bab ini merupakan akhir dari semua rangkaian proses pembelajaran PPKn yang kalian ikuti di jenjang SMP/MTs, artinya tidak ada lagi lanjutannya, karena kalian sebentar lagi akan dinyatakan lulus dari sekolah masing-masing.

Supaya kalian dipermudah dalam memahami materi pembelajaran pada bab ini, alangkah baiknya kalian berdoa terlebih dahulu kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta jangan lupa senantiasa bersyukur atas setiap anugerah yang diterima.

Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, pada bab ini kalian akan melanjutkan memahami ruang lingkup materi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yaitu mengenai upaya mempertahankan NKRI pada awal kemerdekaan dan saat ini.

Setelah mengikuti proses pembelajaran kalian diharapkan mampu memahami konteks kesejarahan NKRI, menyaji hasil telaah dinamika penguatan komitmen mempertahankan NKRI dalam konteks kesejarahan, dan menyaji bentukbentuk partisipasi dan tanggung jawab kewarganegaran yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional.

Kita mesti bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah menakdirkan kita sebagai Warga Negara Indonesia. Indonesia juga mempunyai sejarah yang membanggakan, kemerdekaan yang kita raih bukanlah hadiah dari penjajah, tetapi kita menjadi bangsa yang memerdekan dirinya sendiri. Indonesia memproklamirkan dirinya sebagai sebuah negara merdeka. Itu semua menjadi keunggulan bangsa Indonesia.

Baca juga Makna Berperilaku Sesuai dengan Nilai Pancasila

Apakah negara kita sudah merdeka sepenuhnya? Apakah kehidupan bernegara kita sudah benar-benar melaksanakan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945?

Apakah rakyat Indonesia sudah sejahtera sepenuhnya? Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin muncul dalam relung pikiran kalian. Atas pertanyaanpertanyaan tersebut carilah jawabannya, salah satunya dengan mempelajari materi pada bab ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button