Advertisement
Advertisement
ArtikelBerita

Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan

Advertisement

Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi atau TIK mempunyai peran yang penting dalam mendukung keberlangsungan hidup manusia. TIK mengalami perkembangan dari alat informasi dan komunikasi sederhana menjadi sebuah teknologi modern di mana dapat membantu kehidupan semua orang.

TIK sendiri merupakan payung besar terminologi mencakup seluruh peralatan teknis guna memproses dan menyimpan sebuah informasi. TIK sendiri mempunyai dua aspek yakni teknologi informasi dan teknologi komunikasi.

Untuk teknologi informasi meliputi segala hal berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Namun dalam kamus Oxford tahun 1995, teknologi informasi merupakan studi atau penggunaan peralatan elektronik, terutama komputer guna menyimpan, menganalisis, serta mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, gambar, hingga bilangan.

Advertisement

Inilah Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi 

Merupakan perpaduan dari tiga istilah yang mempunyai arti sendiri. Menurut informasi yang dikutip dari buku Bimbingan Teknologi Informasi Komunikasi karangan Linda Afri Wulandari, teknologi merupakan pengembangan serta penerapan berbagai sistem untuk menyelesaikan persoalan dihadapi manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan informasi adalah sebuah data, berita, atau pesan disampaikan oleh satu individu kepada individu yang lain. Sementara komunikasi merupakan proses pertukaran informasi terjadi dari satu individu ke individu lain.

Dari ketiga istilah tersebut, bisa disimpulkan bahwa pengertian TIK merupakan suatu cara yang diciptakan oleh manusia guna mempemudah kegiatan komunikasi sehingga bisa mempercepat proses pertukaran informasi.

TIK menjadi salah satu hal wajib dipelajari oleh seorang sebab mempunyai peran besar dalam kehidupan jika diterapkan dengan benar. Salah satunya yang mendapatkan kemudahan yaitu di bidang pendidikan. 

Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi Bidang Pendidikan

Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam bidang pendidikan begitu terasa. Nah, dari Buku Media Pembelajaran berbasis TIK karangan Aria Indah Susanti, ada beberapa peran TIK dalam bidang pendidikan.

Buku Sekolah Elektronik ( E-book)

Buku elektronik atau E-book disajikan dalam bentuk digital dibuat oleh tenaga pengajar fungsinya untuk membantu keperluan belajar siswa secara online. Buku elektronik bisa diakses dengan mudah melalui smartphone atau laptop.

Advertisement

Kelas Daring (E-learning)

Kelas daring merupakan pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik melalui jaringan atau koneksi internet. Pendidik dan peserta didik tidak berada di ruangan sama. Misalnya kegiatan belajar mengajar berlangsung dari tempat masing-masing. 

Teknologi Informasi dan Komunikasi Apa Perananya dalam Pendidikan? (foto/istimewa)

Perpustakan Daring (Digital Library)

Perpustakan daring menyediakan bahan pustaka dalam bentuk elektronik yang bisa diakses melalui jaringan internet. Perpustakan daring sangat membantu pembelajaran siswa yang mempunyai keterbatasan dalam mengakses buku cetak.

Baca juga Pentingnya Teknologi Dalam Penggunaan Sumberdaya Alam

Advertisement

Keunggulan Media Berbasis TIK

Menurut Sadiman dkk (2012) secara umum media yang berbasisi TIK memiliki keunggulan atau kelebihan yang perlu orang atau masyarakat ketahui.

  • Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu berita verbalistis.
  • Mengatasi keterbatasan waktu, ruang, dan indera.
  • Penggunaan media secara bervariasi dan tepat bisa mengatasi sifat pasif anak didik.
  • Sifat unik pada setiap siswa ditambah lagi dengan lingkungan serta pengalaman berbeda, sedangkan kurikulum dan materi pendidikan ditentukan sama untuk setiap siswa.

Maka guru mengalami kesulitan bilamana semuanya itu harus diatasi sendiri. Masalah ini bisa diatasi dengan media, yakni kemampuannya dalam memberikan perangsang sama, mempersamakan pengalaman serta menimbulkan persepsi sama.

Pengertian, peran penting, hingga kelebihan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah dijelaskan melalui artikel ini, semoga bisa menjadi informasi dan pengetahuan Anda di rumah terutama bagi para siswa.

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button