Advertisement
ArtikelBerita

Media Pembelajaran Interaktif Online yang Mudah Digunakan

Advertisement
Advertisement

Media Pembelajaran Interaktif Online yang mudah digunakan, dapat membantu guru dalam melaksanakan salah satu tugas utamanya yakni menyampaikan materi pembelajaran kepada para siswa atau peserta didik dengan efisien dan efektif. Nah, untuk mencegah rasa bosan pada diri peserta didik, guru bisa menerapkan pengajaran dengan interaktif.

Melalui pemanfaatan media pembelajaran, proses belajar mengajar bisa meningkatkan minat peserta didik untuk teori belajar jika dilakukan dengan penggunaan media pembelajaran menarik serta menyenangkan.

Akan tetapi, jika media pembelajaran yang digunakan ketika mengajar terlalu menonton, maka proses belajar tidak akan berlangsung dengan baik sebab peserta didik akan lebih mudah bosan. Penggunaan media pembelajaran konvensional cenderung membuat peserta didik merasa jenuh, sebab kurangnya kreatifitas serta inovasi ketika proses pembelajaran berlangsung.

Maka dari itu, perlu adanya pembaharuan media pembelajaran dari media konvensional ke media lebih interaktif. Kreativitas guru dalam membuat media serta menyiapkan materi sangat berpengaruh terhadap keberhasilan belajar peserta didik.

Apa Itu Media Pembelajaran Interaktif?

Menurut Seels & Glasgow, media pembelajaran interaktif merupakan suatu sistem penyampaian materi dengan menyajikan materi video rekaman dengan pengendalian komputer kepada peserta didik yang tidak hanya melihat serta mendengar video tetapi peserta didik juga bisa merespon secara aktif.

Advertisement

Media pembelajaran dikatakan interaktif tidak hanya melihat dan mendengar ketika proses belajar mengajar berlangsung. Akan tetapi peserta didik juga berinteraksi secara langsung dengan media pembelajaran tersebut.

Untuk karakteristik dari media belajar interaktif merupakan peserta didik bukan hanya memperhatikan media atau objek saja. Tapi juga dituntut guna berinteraksi selama proses pembelajaran.

Setidaknya terdapat 3 macam interaksi dalam penggunaan media interaktif:

  1. Peserta didik berinteraksi dengan program.
  2. Peserta didik berinteraksi dengan mesin misalnya komputer, video interaktif.
  3. Selanjutnya yakni mengatur peserta didik secara teratur akan tetapi tidak terpogram. 

Perangkat Media Pembelajaran Interaktif

Demi menunjang suksesnya proses pembelajaran di dalam kelas, guru harus senantiasa berpikir kreatif seperti melakukan inovasi terhadap media pembelajaran yang akan diberikan kepada siswa yakni dengan menggunakan media pembelajaran interaktif.

Jadi guru bisa menggunakan berbagai macam perangkat digital multimedia dalam memberikan materi kepada siswanya. Adapun beberapa contoh dari media pembelajaran yang interaktif di antaranya sebagai berikut.

Advertisement

Baca juga Kriteria Pemilihan Media dan Sumber Belajar yang Tepat

Perangkat Komputer

Dalam upaya menumbuhkan semangat serta motivasi siswa dalam menerima materi pada proses pembelajaran, guru bisa menggunakan media digital multimedia berupa perangkat komputer yang bisa digunakan untuk memutar film atau lagu yang memuat materi pembelajaran.

Film maupun lagu yang diputar akan memberikan informasi melalui saluran visual maupun verbal yang dinilai lebih variatif serta juga memudahkan siswa dalam mempelajari proses pembelajaran. Jika dibandingkan dengan penyampaian materi pembelajaran secara konvesional. Bukan hanya itu, penyampaian materi secara konvensional dinilai akan membuat siswa mengalami overload.

Yuk Cari Tahu Apa Itu Media Pembelajaran Interaktif! (foto/istimewa)

Website Edukasi

Media Pembelajaran Interaktif Online, selain menggunakan perangkat komputer untuk memutar film atau lagu serta software guna memberikan materi pembelajaran kepada siswa, guru bisa mengajak siswa untuk membuka website edukasi sebagai nuansa baru dalam proses pembelajaran. Jadi dengan begitu, siswa pun bisa fokus dalam menerima materi pembelajaran dengan cara yang berbeda.

Software Pembelajaran

Contoh media pembelajaran interaktif lainnya yakni software pembelajaran. Saat ini sudah hampir sebagian besar siswa mempunyai gadget yang digunakan sebagai alat komunikasi sehari-hari. Guru bisa menyiapkan materi pembelajaran pada gadget tersebut melalui software pembelajaran. Misalnya, guru meminta siswa guna menginstal aplikasi pembelajaran bisa diunduh di Google Play Store.

Advertisement

Sekarang sudah tahu bukan pengertian hingga perangkat media pembelajaran interaktif. Nah, giliran Anda menerapkan hal yang sudah diulas di atas untuk siswa di sekolah.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Adblock Detected

Turn off Ad Blocker from browsing the site