PJJ IPS KELAS 9

Modernisasi Dan Globalisasi Pengaruh Perubahan Masyarakat Dunia

Modernisasi Dan Globalisasi Pengaruh Perubahan Masyarakat Dunia, Setiap masyarakat dan bangsa pasti merencanakan suatu perubahan kearah yang lebih baik dengan melakukan suatu perencanaan pembangunan. Pernahkan Ananda mengamati, mengapa masyarakat dan bangsa melakukan pembangunan? Semuanya pasti mengarah pada keinginan untuk lebih modern dan lebih baik.

Untuk mengarah ke perubahan yang lebih modern, diperlukan upaya dan pengaruh dari wilayah maupun bangsa lain untuk mengadopsi dan mengadaptasi sesuai perkembangan masyarakat. Karena arus perubahan yang pengaruhnya sudah mendunia tidak bisa kita hindarkan. Pengaruh dunia global itulah yag biasa kita sebut dengan arus globalisasi.

Modernisasi

Modernisasi adalah suatu proses transformasi atau suatu perubahan ke arah yang lebih maju atau meningkat di berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat. Secara sederhana, dapat dikatakan bahwa modernisasi adalah proses perubahan dari cara-cara tradisional kepada cara-cara baru dalam rangka untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Di Indonesia, bentuk-bentuk modernisasi banyak kita jumpai di berbagai aspek kehidupan masyarakat, yaitu pada sektor pertanian, industri, perdagangan, maupun kehidupan sosial budayanya.

Salah satu bentuk modernisasi dalam bidang pertanian adalah digunakannya teknik-teknik pengolahan lahan dengan menggunakan mesin-mesin, penggunaan teknik irigasi, pupuk, obat-obatan, varietas-varietas unggul, teknik pemanenan serta penanganan produk pasca panen dan lain sebagainya.

Berbagai hal dalam modernisasi banyak mengakibatkan perbaikan dalam kehidupan masyarakat. Hal yang disayangkan penggunaan istilah modernisasi dalam kehidupan sosial budaya sering mengalami kesalahan arti.

Salah satu sarana tranfortasi pada jaman sekarang (ilustrasi foto/istimewa)

Pengaruh Modernisasi

Banyak orang menolak modernisasi karena mengganggu tatanan sosial dan budaya masyarakat yang luhur. Modernisasi dalam kebudayaan dianggap akan mendatangkan kehidupan yang egois, individual dan materialistis. Ini berbeda dengan tata kehidupan tradisional yang mementingkan hubungan kerjasama dan gotong royong.

Hal yang harus Ananda pahami mengenai modernisasi adalah berbeda dengan konsep westernisasi. Modernisasi merupakan suatu proses perubahan dari cara-cara tradisional menuju cara-cara yang lebih maju, sementara westernisasi adalah kegiatan peniruan cara hidup dan kebudayaan dari negara-negara Barat karena dianggap lebih baik daripada budaya Indonesia.

Terkait dengan terjadinya proses modernisasi, biasanya juga diikuti oleh adanya proses westernisasi dalam masyarakat. Oleh karena itu masyarakat Indonesia harus waspada.

Modernisasi Dan Globalisasi, agar segala kemajuan yang diperoleh melalui modernisasi tidak membuat masyarakat Indonesia melupakan dan kehilangan kecintaan pada budaya asli Bangsa Indonesia.

Baca juga Menjelaskan Definisi Perubahan Sosial Budaya Pada Tingkat Individual

Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button