PJJ IPS KELAS 9

Globalisasi Masyarakat Suatu Wilayah Lokal dengan Masyarakat Dunia

Globalisasi Masyarakat Suatu Wilayah Lokal dengan Masyarakat Dunia, Istilah globalisasi berasal dari istilah barat yaitu globalization. Global berasal dari kata globe atau bola dunia dan global dapat diartikan sebagai mendunia, sementara ization dapat diartikan sebagai proses.

Berdasarkan asal kata tersebut, istilah globalisasi atau globalization dapat diartikan sebagai suatu proses mendunia atau masuknya masyarakat suatu wilayah lokal dalam interaksi dengan masyarakat dunia.

Melalui perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi di masa modern, masyarakat lokal yang dahulu tidak dapat terhubung dengan masyarakat lain di luar wilayahnya, kini dapat terhubung dengan masyarakat dunia.

Internet merupakan hasil kemajuan teknologi yang memungkinkan infomasi, ide dan gaya hidup dapat menyebar cepat dan luas tanpa mengenal batas negara. Melalui internet pengiriman informasi, surat, data, atau dokumen-dokumen penting ke berbagai penjuru dunia dapat dilakukan dalam hitungan detik tanpa harus berurusan dengan birokrasi antarnegara.

Internet Mempercepat Globalisasi

Internet adalah teknologi yang mempercepat terjadinya globalisasi karena hubungan antarmanusia tidak lagi dibatasi oleh aturan atau batas negaranya tetapi mengikuti aturan internasional yang berkembang di dunia.

Gambar. Ilustrasi Globalisasi (foto/istimewa)

Globalisasi merupakan sebuah tantangan, unsur-unsur budaya nasional mempunyai peran yang sangat besar yang harus dihadapi oleh semua negara dalam mempertahankan kebudayaannya. Perkembangan dan perubahan sosial budaya sangat pesat dan beragam karena dipengaruhi latar belakang kehidupan masyarakat yang berbeda-beda.

Perubahan sosial dan kebudayaan yang berlangsung secara cepat dan menyangkut dasar atau pokokpokok kehidupan masyarakat di sebut dengan revolusi. Di era revolusi industri 4.0 ini globalisasi akan meningkat lebih pesat karena dengan adanya teknologi yang memudahkan mobilisasi informasi menjadi lebih cepat dan mudah.

Data dari suatu negara akan tersebar ke seluruh pelosok, hal tersebut menjadi sebuah ancaman yang sangat besar bagi budayabudaya lokal kususnya budaya-budaya yang ada di Indonesia. Masyarakat-masyarakat Indonesia terutama para remaja adalah pengguna aktif media sosial.

Mereka akan sangat mudah terpapar globalisasi karena mereka akan lebih tertarik pada budaya luar dibandingkan budayanya sendiri, karena para remaja selalu menganggap apa yang bersumber dari luar lebih tinggi nilainya.

IPTEK Membuat Globalisasi

Ilmu Pengetahuan Teknologi (IPTEK) pada di era revolusi industri 4.0 membuat globalisasi berjalan lebih cepat. Ketika teknologi digital semakin berkembang dan akses daring menjadi lebih mudah maka globalisasi lebih meningkat.

Informasi akan tersebar kemana-mana dengan cepat dan mudah ditemukan. Zaman yang dipenuhi oleh terknologi yang serba digital hanya bisa diimbangi dengan kemampuan bangsa Indonesia memahami manfaat teknologi digital ini.

Revolusi industri 4.0 ini menuntut kita untuk faham teknologi sehingga dapat mengendalikan laju globalisasi. Meningkatnya globalisasi memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk maju dan terbuka bagi dunia.

Kita dapat memanfaatkan media digital untuk menyebarluaskan budaya kita, sehingga dunia akan mengenal keragaman budaya kita dan tertarik pada keindahannya.

Baca juga Perubahan sosial Manusia  terjadi ketika banyak melakukan perubahan

Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button