PJJ IPS KELAS 7

Mengidentifikasi Hasil Budaya Zaman Batu Periodisasi Arkeologis

Mengidentifikasi Hasil Budaya  Zaman Batu periodisasi arkeologis kehidupan manusia praaksara berdasarkan teknologi atau peralatan yang digunakan membedakan kehidupan manusia pra aksara dalam dua periode, yaitu zaman batu dan zaman logam.

Zaman Batu

Zaman batu adalah zaman ketika sebagian besar alat atau perkakas yang digunakan untuk menunjang kehidupan manusia purba terbuat dari batu. Berdasarkan hasil temuan alat-alat peninggalan manusia purba, bentuk dan cara pembuatannya, zaman batu dibagi menjadi empat yaitu

a. Palaeolithikum (Zaman Batu Tua)

Zaman ini dikatakan zaman Batu Tua,karena alat alat yang digunakan manusia purba masih terbuat dari batu yang relatif besar dan masih kasar. Adapun contoh peralatan manusia purba pada zaman batu tua adalah kapak perimbas dan alat-alat serpih.

Bentuk kehidupan manusia purba pada zaman batu tua diyakini masih berpindah-pindah (nomaden), mereka memperoleh makanan dengan cara berburu binatang dan mengumpulkan makanan berupa biji-bijian, sayuran dan buah dari alam yang dilewatinya.

Masyarakat hidup secara berpindah-pindah karena mengikuti perpindahan atau migrasi binatang yang menjadi buruannya. Berdasarkan ciri-ciri dan tempat temuannya, peralatan manusia purba Indonesia pada masa batu tua dibagi dalam dua kelompok besar yaitu; kebudayaan Pacitan dan kebudayaan Ngandong.

b. Mesolithikum (Zaman Batu Tengah)

Zaman batu tengah merupakan kehidupan dimana peralatan batu yang digunakan manusia sudah lebih maju dari sebelumnya. Pada zaman batu tengah alat alat batu yang dibuat manusia sudah relatif halus dan berukuran kecil seperti mata panah dari batu.

Pada masa ini diyakini bahwa manusia purba sudah mulai tinggal menetap dengan ditemukannya banyak tinggalan pebble (kapak Sumatra) pada tumpukan sampah kulit kerang sisa makanan manusia purba Kjokkenmoddinger, dan pada liang-liang gua yang bisa dihuni manusia Abris sous Roche.

c. Neolithikum (Zaman Batu Baru)

Merupakan zaman dimana kehidupan manusia sudah tinggal menetap karena manusia mulai melakukan kegiatan bercocok tanam. Hasil kebudayaannya pada masa neolitikum adalah kapak persegi dan kapak lonjong.

Baca juga Penawaran untuk Barang dan jasa yang akan dijual kepada Konsumen

d. Megallithikum (Zaman Batu Besar)

Mengidentifikasi Hasil Budaya  Zaman Batu, Zaman ini erat kaitannya dengan manusia yang sudah mengenal kepercayaan mengenai tuhan sehingga memunculkan hasil kebudayaan berupa bangunan terbuat dari batu berukuran besar, seperti; menhir, dolmen, kubur peti batu, sarkofagus, waruga,punden berundak, dan patung-patung.

Bahan batu yang dipergunakan untuk perkakas (Ilustrasi foto/pinterest)

Referensi :

MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Semester Genap) Hak Cipta © 2020 pada Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button