Advertisement
Advertisement
PPKn Kelas 9

Macam-macam Perilaku yang Bertentangan dengan Hukum

Advertisement

Macam-macam Perilaku yang Bertentangan dengan Hukum, selain mengetahui perilaku yang sesuai dengan hukum yang berlaku, kalian juga mesti mengetahui perilaku yang bertentangan dengan hukum yang berlaku, supaya kalian bisa terhidar untuk melakukan perilaku tersebut. Oleh karena itu, pada bagian ini kalian akan diajak untuk mengidentifikasi perilaku yang bertentangan dengan hukum.

Macam-macam Perilaku yang Bertentangan dengan Hukum, perilaku yang bertentangan dengan hukum timbul sebagai akibat dari rendahnya kesadaran hukum. Ketidakpatuhan terhadap hukum dapat disebabkan oleh dua hal, yaitu:

  • Pelanggaran hukum oleh si pelanggar sudah dianggap sebagai kebiasaan bahkan kebutuhan;
  • Hukum yang berlaku sudah tidak sesuai lagi dengan tuntutan kehidupan.

Saat ini kita sering melihat berbagai pelanggaran hukum banyak terjadi di negara ini. Hampir setiap hari kita mendapatkan informasi mengenai terjadinya tindakan melawan hukum baik yang dilakukan oleh masyarakat ataupun oleh aparat penegak hukum sendiri. Berikut ini contoh perilaku yang bertentangan dengan hukum yang dilakukan di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara.

Advertisement

Contoh Perilaku Bertentangan dengan Hukum

Dalam lingkungan keluarga, diantaranya: (a) mengabaikan perintah orang tua (b) mengganggu kakak atau adik yang sedang belajar (c) ibadah tidak tepat waktu (d) menonton tayangan yang tidak boleh ditonton oleh anak-anak (e) nonton tv sampai larut malam (f) bangun kesiangan.

Dalam lingkungan masyarakat, diantaranya: (a) melakukan perbuatan yang dilarang oleh norma yang berlaku di masyarakat (b) mangkir dari tugas ronda malam (c) tidak mengikuti kerja bakti dengan alasan yang tidak jelas (d) mengkonsumsi obat-obat terlarang (e) melakukan perjudian (f) membuang sampah sembarangan

Dalam lingkungan bangsa dan negara, diantaranya: (a) tidak memiliki KTP (b) tidak memiliki SIM (c) tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas (d) melakukan tindak pidana seperti pembunuhan, perampokan, penggelapan dan sebagainya (e) melakukan aksi teror terhadap alat-alat kelengkapan negara (f) tidak berpartisipasi pada kegiatan Pemilihan Umum (g) merusak fasilitas negara dengan sengaja

Baca juga Arti Penting Pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Untuk mengukur sejauh mana kalian telah menghindari perilaku sesuai dengan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari. Silahkan kalian uji apakah dalam kehidupan sehari-hari sudah sesuai dengan contoh-contoh di atas.

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button