Berita

Lomba karya Video Pembelajaran

Lomba karya Video Pembelajaran, kegiatan belajar mengajar online dituntut Bapak/Ibu Guru lebih kreatif dan inovatif menyampaikan materi pembelajaran, salah satunya dengan membuat konten pembelajaran dalam format video yang bisa diakses oleh siswa-siswinya.

Video pembelajaran yang dibuat oleh Bapak/Ibu Guru harus bisa di share kepada siswa-siswinya yang mengikuti pembelajaran dari rumah masing-masing menggunakan aplikasi pembelajaran atau media pembelajaran yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Pembuatan video ini menjadi menjadi kompetensi tambahan bagi Bapak/Ibu Guru.

Materi video pembelajaran dibagi dalam beberapa bagian, ada yang berdasarkan jumlah pertemuan ada juga yang dibuat per BAB materi dengan durasi waktu yang mereka perkirakan tidak terlalu panjang supaya tidak membosankan. Rata-rata durasi waktu video pembelajaran ada dikisaran antara 15 sampai 20 menit saja, Dalam durasi itu dianggap cukup ideal untuk membuat video pembelajaran.

Pembuatan video pembelajaran dari yang sangat sederhana sampai dengan video pembelajaran yang komplek membutuhkan tambahan buat Bapak/Ibu Guru baik dari sisi waktu maupun dari kompetensi dalam hal membuat video. Sarana pendukung untuk membuat video juga harus dipersiapkan baik oleh sekolah maupun oleh masing-masing guru.

SMK Ekonomika

Lomba karya Video Pembelajaran, untuk memotivasi Bapak/Ibu Guru yang diharuskan membuat media pembelajaran dalam bentuk digital SMK Ekonomika Depok menyelenggarakan kompetisi membuat video pembelajaran sesuai dengan bidang studi masing-masing guru yang akan di share ke siswa-siswinya sebagai konten pembelajaran digital.

Kompetisi membuat video pembelajaran diikuti oleh seluruh guru bidang studi SMK Ekonomika baik normatif, adaptif dan produktif. Ketentuan pembuatan video tidak terlalu ketat, walaupun demikian pembuatan video harus mengacu kepada ketentuan bagaimana menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa sesuai dengan kompetensi guru bidang studi masing-masing.

Kegaitan kompetisi ini memacu semangat Bapak/Ibu Guru SMK Ekonomika karena saking semangatnya mereka ada yang membuat dua bahkan 4 video untuk diikutkan lomba. Penghargaan dari SMK Ekonomika untuk para pemenag diberikan hadiah tidak hanya sertifikat akan tetapi diberikan juga uang saku yang menyesakkan dompet karena kepenuhan.

Baca juga Pandemik covid-19 belum berakhir PTS  tetap berjalan

Dari hasil kompetisi pembuatan video pembelajaran tidak mengecewakan SMK Ekonomika sebagai panitia dan peserta pun sangat senang dan Bahagia apalagi bagi Juara 1 Bapak Sayuti, SE dan juara Ke 2 Bapak Diyoto, S.Pd dan Juara ke 3 pun tidak kalah senangnya Ibu setelah menerima sertifikat dan uang saku, selamat buat Bapak/Ibu guru yang sudah menerima hadiah dan buat semua peserta terus bersemangat untuk membuat konten pembelajaran mudah-mudahan pandemic Covid 19 cepat berlaku dari muka bumi ini dan Kegiatan Belajar Mengajar bisa secepatnya dilaksanakan dengan tatap muka.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button