Advertisement
Advertisement
Advertisement
IPS Kelas 7

Kondisi Interaksi Antarruang

Advertisement

Kondisi Interaksi Antarruang, ada beberapa kondisi yang saling tergantung yang diperlukan untuk munculnya interaksi bagian yang saling melengkapi (komplementer), peluang antara (intervening opportunity) dan kondisi dapat disampaikan/transfer (transferability).

Baca juga Pengertian Ruang dan Interaksi antarruang

1. Saling Melengkapi (complementarity atau Regional Complementary)

Kondisi saling melengkapi terjadi jika ada daerah yang berbeda komoditas yang dihasilkan. Misalnya, daerah A adalah produsen sayuran, sementara wilayah B adalah penghasil ikan. Sebuah wilayah membutuhkan ikan, sementara wilayah B membutuhkan sayuran. Jika masing-masing memiliki kelebihan (surplus), wilayah A berinteraksi wilayah B melalui perdagangan atau pembelian.

Advertisement

2. Peluang Antara (Intervening Opportunity)

Peluang antara lokasi yang menawarkan alternatif yang lebih baik sebagai tempat asal atau tujuan. Jika seseorang akan membeli produk, maka jarak dan biaya mendapatkan produk ini diperhitungkan. Misalnya, Wilayah A biasanya membeli ikan ke wilayah B, namun diketahui ada dari daerah C yang juga memproduksi ikan. Karena C Daerah lebih murah dan biaya transportasi lebih dekat, pembeli ikan dari Zona A akan beralih membeli ikan ke wilayah C. Akibatnya, interaksi antara wilayah A dan B melemah.

3. Kemudahan Transfer (Transfer Ability)

Transportasi barang atau orang memerlukan biaya. Biaya terjadinya interaksi ini harus lebih kecil dari keuntungan yang didapat. Jika biaya terlalu tinggi dibandingkan dengan keuntungan, maka ruang interaksi tidak akan terjadi. Kemudahan transfer dan biaya yang diperlukan juga tergantung pada ketersediaan infrastruktur (prasarana) yang menghubungkan sumber dan tujuan. Jalan-jalan yang rusak dan sulit untuk dicapai mengurangi kemungkinan interaksi karena biaya pertemuan itu juga akan lebih mahal. Misalnya, seseorang akan menjual sayuran dari zona A ke zona B, tapi jalan ke B rusak, sehingga tidak bisa terjadi. Akibatnya, orang tersebut tidak ingin menjual sayuran ke daerah B.

Dari uraian ke tiga Kondisi interaksi antarruang diatas kalian bisa membedakan, kondisi nama yang sering kamu jumpai pada interaksi yang pernah atau sering kalian jumpai pada kehidupan sehari-hari. Dari kondisi Interaksi antarrung  yang diuraikan tersebut kalian bisa memberikan salah satu contoh bentuk kondisi Interaksi yang sesuai dengan salah satu kondisi!

Aktivitas Individu

Sudah pahamkah kalian dengan apa yang telah dipelajari? Kalian dapat menjawab pertanyaan dibawah ini pada kolom komentar.

  1. ada beberapa kondisi yang saling tergantung yang diperlukan untuk munculnya interaksi, sebutkan?
  2. Kondisi saling melengkapi, buatkan contoh saling melengkapi?
  3. Peluang antara lokasi yang menawarkan alternatif yang lebih baik sebagai tempat asal atau tujuan, buatkan contoh yang lain?
  4. Buatkan contoh transportasi barang atau orang memerlukan biaya?

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button