Advertisement
Advertisement
PJJ IPS KELAS 9

Kondisi Alam Negara-Negara di Dunia Berdasarkan Benua

Advertisement

Kondisi Alam Negara-Negara di Dunia Berdasarkan Benua, Tentunya Ananda telah memahami bahwa di dunia ini terdapat banyak negara, yaitu sekitar 196 negara yang tersebar di berbagai benua yang ada di dunia ini.

Persebaran negaranegara di muka bumi meliputi, 50 negara terdapat di Benua Asia, benua Eropa terdapat 50 negara, benua Amerika 35 negara, benua Afrika 53 negara, dan benua Australia 1 negara, serta 8 negara di daerah Oseania (https://sites.google.com/) Masing- masing negara memiliki karakteristik tersendiri sesuai dengan keadaan alam maupun dengan keadaan penduduknya.

Keadaan alam meliputi lokasi, iklim, bentuk muka bumi, geologi, flora dan fauna. Beberapa negara yang ada di benua-benua tersebut akan Ananda pelajari pada pembelajaran 2 ini, yaitu negara Jepang, Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Mesir.

Advertisement

Tentunya dalam benak Ananda muncul beberapa pertanyaan seperti dimanakah lokasi negara-negara tersebut? Bagaimana kondisi iklim, alam, dan perekonomian negara-negara tersebut?. Beberapa pertanyaan tersebut akan Ananda temukan pada pembelajaran 2 ini setelah Ananda mengikuti beberapa aktivitas berikut.

Sebagaimana telah Ananda ketahui bahwa setiap negara di dunia ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda, baik ditinjau dari segi ekonomi, penduduk, iklim, kondisi alam, dan sosial budayanya.

Mengapa demikian? Pada bagian ini Ananda akan mempelajari letak, luas, kondisi, alam, kondisi iklim, dan perekonomian negara Jepang, Inggris, Amerika Serikat, Australia, dan Mesir.

menunjukkan letak wilayah negara Jepang, Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Mesir

Peta . Letak Negara Jepang, Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Mesir (ilustrasi foto/istimewa)

Pada gambar di atas Ananda telah mengenal bentuk wilayah pada peta negara Inggris, Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Mesir.

Baca juga Faktor SDA akibat Perubahan ruang dan interaksi antarruang ASEAN

Advertisement

Berdasarkan lokasinya, Jepang merupakan negara yang terdapat di kawasan Benua Asia, Amerika Serikat berada di kawasan Benua Amerika, Inggris berada di kawasan Benua Eropa, Australia berada di kawasan Benua Australia, dan Mesir berada di kawasan Benua Afrika. Untuk lebih memahami letak wilayah negara-negara tesebut pada peta, lakukan aktivitas berikut ini.

  • Isilah tabel berdasarkan gambar di atas
Gambar. Letak Negara Jepang, Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Mesir (foto/istimewa)
Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

3 Comments

  1. Tolong kasih penjelasan petanya kak
    Yang
    A,B,C,D,E nama negaranya hari ini kak mau dikumpulin plisssss kakak tolong ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button