PJJ IPS KELAS 9

Dinamika Penduduk 5 Benua Perkembangan dari Tahun ke Tahun

Dinamika Penduduk 5 Benua Perkembangan dari Tahun ke Tahun, Jumlah penduduk selalu mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Perubahan jumlah penduduk inilah yang disebut sebgaai dinamika penduduk.

Tahukah kalian faktor apa saja yang mempengaruhi dinamika penduduk? Perubahan perubahan tersebut dapat terjadi karena adanya peristiwa kelahiran, kematian maupun karena adanya perpindahan penduduk atau migrasi.

Dinamika atau perubahan lebih cenderung pada perkembangan jumlah penduduk suatu Negara atau wilayah tersebut. . Jumlah penduduk tersebut dapat diketahui melalui sensus, registrasi dan survey penduduk.

Disamping itu perubahan komposisi penduduk seperti budaya, etnik, dan agama juga menunjukkan dinamika penduduk. Sebelum membahas tentang penduduk di berbagai Benua, marilah kita cermati terlebih dahulu jumlah penduduk dunia tahun 2019.

Worldometers mencatat jumlah penduduk dunia pada 2019 mencapai 7,7 miliar jiwa. Angka tersebut tumbuh 1,08% dari 2018 yang sebesar 7,6 miliar jiwa.

Selama sepuluh tahun terakhir, jumlah penduduk dunia meningkat stabil dengan kisaran pertumbuhan 1-1,2% per tahun. Bagaimanakah dinamika penduduk benua-benua di dunia? Nah untuk memahami tentang dinamika penduduk benua-benua di dunia lakukan aktivitasaktivitas berikut ini.

pertumbuhan penduduk 5 benua

Gambar. Jumlah Penduduk Dunia 2008-2019 (Sumber: https://databoks.katadata.co.id)

Sebagaimana Ananda telah ketahui sebelumnya, bahwa jumlah penduduk selalu mengalami perubahan karena kelahiran, kematian, dan migrasi (perpindahan). Bicara soal kelahiran dan kematian, hal ini tentu saja erat kaitannya dengan jumlah penduduk yang ada di suatu daerah.

Semakin tinggi angka kelahiran jika tidak diimbangi dengan angka kematian yang tinggi pula maka dapat dipastikan daerah tersebut akan mengalami pertumbuhan penduduk yang tinggi.

Jumlah penduduk akan menentukan kondisi sosial, ekonomi, budaya dan persoalan di suatu negara sebab jumlah penduduk memerlukan fasilitas kehidupan yang bila tidak bisa terpenuhi akan menimbulakan problem kependudukan.

Akumulasi dari dinamika penduduk tersebut, Ananda bisa menyaksikan performance penduduk di muka bumi ini yang dihuni oleh 7.691,5 juta atau 7,7 miliar jiwa yang tersebar secara spasial di berbagai benua. Bagaimanakah persebaran tersebut? Lakukan aktivitas-aktivitas berikut!

  1. Bukalah buku siswa tentang dinamika penduduk Benua Asia dan benua lainnya di bumi
  2. Carilah sumber lain misalnya dari internet dan buku-buku referensi lainnya untuk memperkaya wawasan Ananda!
  3. Isilah tabel perbandingan jumlah penduduk dan pertumbuhan penduduk berikut, dengan cara membuat peringkat jumlah penduduk di Benua Asia dan benua lainnya
  4. Tabel 1.8
  5. Setelah Ananda mengisi tabel tersebut, tentunya Ananda telah mengetahui benua mana yang memiliki jumlah penduduk terbesar atau peringkat I, bukan? Nah, berilah alasan mengapa benua tersebut memiliki jumlah penduduk terbesar!

Baca juga Pengaruh Perkembangan Iptek Terhadap Perubahan Ruang

Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button