Advertisement
IPS Kelas 7Sejarah

KERAJAAN-KERAJAAN YANG BERJAYA DI NUSANTARA

Advertisement
Advertisement

Kerajaan-kerajaan yang berjaya di Nusantara. Beberapa kerajaan yang berjaya di Nusantara selama abad ke-9 hingga ke-16 adalah Kerajaan Sriwijaya di Sumatra, Kerajaan Majapahit di Jawa, Kerajaan Mataram di Jawa, Kerajaan Melayu di Sumatra, Kerajaan Sunda di Jawa Barat, dan Kerajaan Bali. Selain itu, ada juga beberapa kerajaan kecil lainnya yang berdiri di wilayah lain di Nusantara.

A. Kerajaan Sriwijaya di Sumatera

Kerajaan Sriwijaya adalah sebuah kerajaan maritim yang berdiri di wilayah Sumatera pada abad ke-7 hingga abad ke-13. Kerajaan ini didirikan oleh suku Melayu yang menguasai wilayah sekitar sungai Musi di Sumatera Selatan. Kerajaan Sriwijaya menjadi salah satu kerajaan terkuat di Nusantara pada masanya dan memiliki pengaruh yang luas di wilayah Asia Tenggara, termasuk di wilayah Malaka, Cina, India dan Sri Lanka.

Kerajaan ini juga menjadi pusat perdagangan yang penting antara Asia dan Eropa, yang memungkinkan perdagangan barang seperti rempah-rempah, perak, emas, sutra, dan kain. Pusat kerajaan Sriwijaya berada di Palembang, Sumatera Selatan dan dipercaya sebagai kota terbesar di Asia Tenggara pada masa itu.

B. Kerajaan Majapahit di Jawa

Kerajaan Majapahit adalah sebuah kerajaan yang berdiri di Jawa pada abad ke-14 hingga abad ke-16. Kerajaan ini didirikan oleh seorang penguasa bernama Raden Wijaya pada tahun 1293 dan menggantikan Kerajaan Singhasari sebagai kerajaan terkuat di Jawa. Pusat kerajaan Majapahit berada di Trowulan, wilayah sekarang berada di Mojokerto, Jawa Timur. 

Kerajaan ini menguasai wilayah yang luas di Nusantara, termasuk di wilayah Sumatra, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Filipina. Kerajaan Majapahit juga menjadi salah satu kerajaan terkuat di Asia Tenggara pada masanya dan memiliki pengaruh yang luas di wilayah lain di Asia. Kerajaan Majapahit dikenal sebagai kerajaan Hindu-Budha yang mempromosikan perdamaian dan kerukunan antar agama, sehingga dapat menjaga stabilitas di wilayah yang luas.

C. Kerajaan Mataram di Jawa

Kerajaan Mataram adalah sebuah kerajaan yang berdiri di Jawa pada abad ke-16 hingga abad ke-18. Kerajaan ini didirikan oleh seorang penguasa bernama Senopati yang menguasai wilayah sekitar kota Mataram (sekarang kota Yogyakarta) pada tahun 1575. 

Pada awalnya kerajaan Mataram ini merupakan bagian dari Kerajaan Majapahit, tetapi kemudian menjadi kerajaan independen. Kerajaan Mataram menguasai wilayah yang luas di Jawa Tengah dan Timur, dan memiliki pengaruh yang besar di wilayah sekitarnya.

Kerajaan ini dikenal sebagai kerajaan Hindu-Budha yang memperkuat perdamaian dan kerukunan antar agama, sehingga dapat menjaga stabilitas di wilayah yang luas. Kerajaan Mataram juga memiliki sejarah yang panjang dalam perdagangan dan budaya, termasuk dalam bidang seni dan arsitektur.

D. Kerajaan Melayu di Sumatera

Kerajaan Melayu adalah sebuah kerajaan yang berdiri di wilayah Sumatera pada abad ke-7 hingga abad ke-17. Kerajaan ini tersebar di seluruh wilayah Sumatera, termasuk di wilayah Aceh, Palembang, Jambi, dan Riau. Kerajaan Melayu adalah kerajaan maritim yang menguasai perdagangan dan jalur pelayaran di wilayah sekitarnya.

Kerajaan-kerajaan yang berjaya di Nusantara. Beberapa kerajaan Melayu yang terkenal di Sumatra adalah kerajaan Srivijaya di Palembang, kerajaan Melayu Dharmasraya di Jambi, dan kerajaan Melayu Pagaruyung di Minangkabau.

Kerajaan Melayu juga menjadi salah satu kerajaan terkuat di Nusantara pada masanya dan memiliki pengaruh yang luas di wilayah Asia Tenggara, termasuk di wilayah Malaka, Cina, India dan Sri Lanka. Kerajaan Melayu juga dikenal sebagai kerajaan yang memperkuat perdamaian dan kerukunan antar agama, sehingga dapat menjaga stabilitas di wilayah yang luas.

E. Kerajaan Sunda di Jawa Barat

Kerajaan Sunda adalah sebuah kerajaan yang berdiri di Jawa Barat pada abad ke-16 hingga abad ke-17. Kerajaan ini didirikan oleh seorang penguasa bernama Sri Baduga Maharaja pada tahun 1527 dan menggantikan Kerajaan Galuh sebagai kerajaan terkuat di Jawa Barat.

Pusat kerajaan Sunda berada di Pakuan Pajajaran (sekarang Bogor). Kerajaan Sunda menguasai wilayah yang cukup luas di Jawa Barat dan Banten, serta memiliki pengaruh yang besar di wilayah sekitarnya. Kerajaan Sunda dikenal sebagai kerajaan Hindu-Budha yang memperkuat perdamaian dan kerukunan antar agama, sehingga dapat menjaga stabilitas di wilayah yang luas.

Kerajaan Sunda juga memiliki sejarah yang panjang dalam perdagangan dan budaya, termasuk dalam bidang seni, arsitektur, dan literatur. Kerajaan ini jatuh pada tahun 1579 setelah dikalahkan oleh pasukan Banten yang didukung oleh pasukan musuh Kerajaan Sunda, Kerajaan Pajajaran.

Kerajaan-kerajaan yang berjaya di Nusantara (ft/istimewa)

F. Kerajaan Bali

Kerajaan Bali adalah sebuah kerajaan yang berdiri di pulau Bali, Indonesia pada abad ke-14 hingga abad ke-20. Kerajaan ini didirikan oleh seorang penguasa bernama Sri Kesari Warmadewa dan menjadi kerajaan terkuat di pulau Bali pada masanya.

Kerajaan-kerajaan yang berjaya di Nusantara. Pusat kerajaan Bali berada di Klungkung, sekarang sebagai sebuah kabupaten di Bali. Kerajaan Bali menguasai wilayah yang cukup luas di pulau Bali dan memiliki pengaruh yang besar di wilayah sekitarnya. Kerajaan Bali dikenal sebagai kerajaan Hindu yang memperkuat perdamaian dan kerukunan antar agama, sehingga dapat menjaga stabilitas di wilayah yang luas.

Baca juga Kerajaan-Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia

Kerajaan Bali juga memiliki sejarah yang panjang dalam perdagangan dan budaya, termasuk dalam bidang seni, arsitektur, dan ritual. Kerajaan Bali jatuh pada tahun 1906 setelah dikalahkan oleh pasukan Belanda yang didukung oleh pasukan Bali dan dibubarkan oleh pemerintah Hindia Belanda.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Adblock Detected

Turn off Ad Blocker from browsing the site