Advertisement
Advertisement
Advertisement
PJJ IPS KELAS 9

Ciri-Ciri Globalisasi Masyarakat atau Daerah yang Sudah Mendunia

Advertisement

Ciri-Ciri Globalisasi Masyarakat atau Daerah yang Sudah Mendunia, Globalisasi sebuah proses mendunia dimulai dari dengan pesatnya kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mengakibatkan perkembangan dalam bidang transportasi yang kemudian dapat disebarluaskan melalui teknologi informasi dan teknologi komunikasi.

Dewasa ini hampir sebagian besar manusia di dunia telah terhubung dengan fasilitas komunikasi modern. Hal ini mengakibatkan informasi dari berbagai belahan dunia dapat dengan mudah mereka akses dan didapatkan.

Informasi dari berbagai belahan wilayah di dunia dapat memacu masyarakat suatu daerah untuk berubah. Masyarakat Indonesia pada saat sekarang dalam perjalanan meninggalkan kebudayaan lama yang berbasis pada pertanian menuju ke kebudayaan modern berbasis Industri dan perdagangan.

Advertisement

Transformasi atau perubahan ini akan mengubah bentuk atau tatanan nilai tradisional masyarakat agraris menjadi tatanan masyarakat industrial. Hal tersebut tentunya akan membawa dampak pada perubahan kehidupan sosial budaya masyarakat pendukungnya.

Sarana tranfortasi jaman sekarang (ilustrasi foto/the book)

Baca juga Kebudayaan memiliki nilai dan norma yang telah tertanam kuat

Aktivitas siswa

Ciri-Ciri Globalisasi Masyarakat atau Daerah yang Sudah Mendunia, melalui narasi diatas dijelaskan bahwa saat ini masyarakat Indonesia telah mengalami globalisasi. Setelah membaca narasi/bacaan di atas dan melengkapinya dengan pengetahuan yang ada di Buku Paket Siswa, dan berbagai sumber lain yang terpercaya terkait globalisasi di Indonesia.

Tugas Ananda adalah memberikan penjelasan tentang ciri dan contoh terjadinya globalisasi dalam berbagai bidang kehidupan bangsa Indonesia. Isilah bagian kosong dalam tabel dibawah ini dengan pengetahuan dan bahasa Ananda sendiri.

No.IstilahCiri-ciriContoh
1   
2   
3   
4   
5   
Tabel Aktivitas siswa
Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button