PJJ IPS KELAS 9

Menganalisis Saluran Globalisasi dan Bentuk-Bentuknya

Menganalisis Saluran Globalisasi dan Bentuk-Bentuknya, Proses mendunia atau globalisasi sebenarnya bukanlah suatu fenomena baru karena proses globalisasi telah terjadi sejak berabad-abad lamanya.

Perdagangan yang berkembang pesat setelah ditemukannya teknologi kapal layar dan alat navigasi telah membuat rempahrempah dari Indonesia terkenal hingga Eropa. Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 ini arus globalisasi berkembang pesat akibat pertukaran informasi yang cepat setelah ditemukannya teknologi komunikasi dan informasi berbasis internet.

Menganalisis Saluran Globalisasi dan Bentuk-Bentuknya, adanya hubungan yang mendunia dari bentuk-bentuk globalisasi dipengaruhi oleh adanya saluran-saluran pendukung. Adapun saluran pendukung proses globalisasi diantaranya adalah;

1. Saluran pergaulan;

Adanya kontak antar kebudayaan, perpindahan penduduk akibat tuntutan ekonomi dan kunjungan akibat aktifitas pariwisata, membuat seseorang dengan mudah mempelajari dan memahami kebudayaan asing.

Pertukaran tenaga pendidikan, pertukaran pelajar, misi kebudayaan, dan lain sebagainya membuat seseorang individu tidak hanya memahami budaya tempat ia lahir tetapi juga kebudayaan tempat ia pernah tinggal.

Secara sadar atau tidak sadar, Individu akan mempelajari, menyerap kebiasaan dan pola kehidupan masyarakat lain yang ia anggap sesuai dan dapat menyelesaikan permasalahan kehidupan yang dihadapinya.

2. Saluran teknologi;

Berbagai peralatan teknologi merupakan saluran globalisasi yang membawa pengaruh yang sangat besar bagi suatu masyarakat.

Seperti telah diungkapkan pada bagian awal, saluran teknologi modern membuat pertukaran ide dan informasi berjalan lebih cepat tanpa mengenal batas dan birokrasi antar negara.

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi membuat potensi besar pada perubahan sosial dan budaya masyarakat.

3. Saluran ekonomi;

Produk-produk baru yang membutuhkan pasar dapat dengan cepat diinformasikan pada konsumen seluruh dunia. Saat ini melalui teknologi internet, sistem bisnis dapat dilakukan secara internasional melalui telemarketing.

Baca juga Perubahan sosial Manusia  terjadi ketika banyak melakukan perubahan

Serbuan produk-produk baru dari luar negeri dapat mengakibatkan perubahan pada gaya hidup, aktifitas sosial dan ekonomi masyarakat.

4. Saluran media hiburan;

produk-produk hiburan seperti film lagu, dan berbagai jenis produk permainan/games kini beredar luas melalui sarana internet.

Hiburan dan permainan dari luar dapat membawa cara berpikir dan bertindak masyarakat luar negeri sehingga dapat memengaruhi mental masyarakat Indonesia. Pengaruh budaya dari produk hiburan perlu diwaspadai agar generasi muda terlindung dari degradasi moral.

Salah Satu Pemanfaatan Saluran Teknologi (ilustrasi foto/advotics.com)
Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button