Advertisement
Artikel

Cara Belajar Fisika Itu Ternyata Mudah, Semua Orang Bisa Melakukannya

Advertisement
Advertisement

Cara belajar fisika menjadi salah satu hal penting yang harus dipahami oleh setiap siswa. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa fisika bukanlah pelajaran yang bisa kita katakan mudah. Mempelajari pelajaran ini juga menyebabkan kita harus menghitung serta menghafal banyak rumus. Bisa dikatakan juga belajar fisika itu sama sulitnya dengan pelajaran matematika. Sedangkan matematika sendiri sampai sekarang masih menjadi momok bagi semua siswa.

Tapi sebenarnya mempelajari ilmu fisika itu merupakan sesuatu yang keren. Meskipun sedikit sulit untuk benar-benar bisa memahaminya. Akan tetapi, siapa yang tidak terkesima ketika melihat salah satu teman kita yang berhasil menjabarkan penyelesaian 1 soal yang diberikan guru. Orang-orang juga akan menganggap wow, jika mendengar dia pandai pelajaran fisika dan matematika.

Apakah penjelasan sebelumnya yang mengatakan bahwa tidak hanya belajar matematika yang menjadi momok jika juga kerap kali menakutkan bagi para pelajar? Beberapa siswa justru malah pasrah ketika melihat soal yang tertulis di kertas ketika ujian. Melihat soalnya saja mereka mengatakan bahwa isn’t not to see, apalagi harus mengerjakannya.

Beberapa Cara Belajar Fisika yang Mudah

Nyatanya terdapat banyak tanggapan dari siswa-siswi mengenai pelajaran fisika. Seolah pelajaran tersebut memberikan kesan angker, sukar, sulit, dan susah. Banyak pula yang beranggapan bahwa fisika itu hanya untuk siswa yang jenius, rajin dan kerasukan ilmu matematika. Bahkan terdapat beberapa siswa yang memilih jurusan IPA bertanya kenapa harus belajar fisika?

Kenapa kelapa yang jatuh saja harus kita hitung? Bukan hal tersebut justru malah mempersulit diri sendiri? Tapi sebenarnya mereka yang tidak suka dengan pelajaran fisika pun bisa secara tiba-tiba mahir. Untuk mengetahui bagaimana caranya langsung saja simak berikut ini penjelasan lengkapnya.

Change Your Perspective

Untuk cara belajar fisika yang pertama adalah change your perspective. Apabila dari awal kita sudah tidak suka dengan suatu pelajaran maka kita akan terus beranggapan bahwa pelajaran tersebut akan mempersulit kita. Jadi penting sekali menanamkan dalam diri kita hendaknya kita menyukai semua pelajaran yang diajarkan oleh guru ketika berada di lingkungan sekolah. Apabila kita merasa tidak suka maka peraturan tersebut secara otomatis juga akan membuat kita malas.

So, segera ubahlah cara pandang ataupun pola pikir kita. Katakan kepada diri sendiri pelajaran fisika bukanlah suatu hal yang sulit apapun momok. Peraturan tersebut merupakan hal yang mudah untuk ditaklukkan. Terapkan dan tersebut untuk semua mata pelajaran dan mulailah berpikir bahwa pelajaran apapun merupakan tantangan yang harus kita selesaikan bukan beban.

Baca juga Cara Menghafal Rumus Matematika Mudah Sekali Hanya dengan Metode Ini!

Pahami Konsep Jangan Hafalkan Rumus

Tidak hanya itu saja yang menjadi cara belajar fisika supaya kita lebih mudah mempelajarinya. Dalam mengerjakan soal fisika kita harus terlebih dahulu mengetahui beberapa rumus dasarnya. Kemudian setelah itu aplikasikan sesuai dengan permasalahan atau persoalan yang ada. Ketahuilah menghafalkan satu rumus itu tidak ada gunanya. Karena tidak semua soal itu menggunakan satu rumus saja.

Pahami juga konsepnya. Dalam hal ini kita dituntut untuk terus berlatih memahami suatu konsep ilmu fisika. Pahami rumus 1 dengan rumus lainnya. Karena yang demikian itu dapat membantu kita untuk mengerjakan soal lain walaupun sudah dimodifikasi. Dengan demikian itu juga kita dapat menempatkan kapan kita harus menggunakan rumus itu dan kapan kita harus menggunakan rumus ini.

Berlatih

Selain itu cara belajar fisika yang tidak boleh dilewatkan adalah jangan malas dan teruslah latihan soal. Mulailah untuk mengerjakan soal level beginner terlebih dahulu. Silakan Anda perbanyak bank soal melalui internet ataupun yang lainnya supaya waktu luang Anda itu lebih berarti. Apabila ada waktu luang manfaatkan untuk memperbanyak latihan soal fisika.

Tidak ada salahnya apabila Anda mengikuti tes online fisika juga. Ketahuilah semakin sering Anda mengerjakan berbagai variasi soal fisika. Justru membuat Anda akan semakin siap jika sewaktu-waktu harus naik tingkat ke soal yang lebih rumit.

Baca juga Tips Belajar Bahasa Inggris Mudah dan Cepat, Hanya Menerapkan Metode Ini!

Rajin Mencatat

Ternyata rajin mencatat juga menjadi salah satu cara belajar fisika yang mempermudah untuk semua soal yang kita anggap sulit. Dalam setiap kelas itu nyatanya terdapat beberapa tipe siswa. Ada mereka yang rajin mencatat, ada yang tanpa mencatat tapi bisa mengerjakan dan bisa mengingat rumus. Ada yang males-malesan bahkan ada yang tidur pula.

Tetapi untuk Anda yang ingin sukses dan pandai mengerjakan semua soal fisika adanya beberapa cara belajar Fisika tersebut bisa Anda lakukan untuk melatih diri sendiri.

Gambar. Cara belajar fisika menjadi salah satu hal penting yang harus dipahami oleh setiap siswa. (ilustrasi foto/istimewa)

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Adblock Detected

Turn off Ad Blocker from browsing the site