Advertisement
Advertisement
Berita

GOL (Ghama Oriented Leader) dan ABT di SMK Nasional dan SMP Gelora

Advertisement

GOL (Ghama Oriented Leader) dan ABT. Hari kedua pelaksanaan GOL (Ghama Oriented Leader) di SMK Nasional Depok dan SMP Gelora memperkenalkan kegiatan-kegiatan di lingkungan sekolah mulai dari masuk sekolah pada jam 07.00 WIB sampai pulang sekolah.

Tata tertib dan peraturan yang ada dalam sekolah disampaikan juga  oleh Pembina GOL, Guru dan Kakak Kelas. Semua Tata tertib dan peraturan sekolah Khususnya SMK Nasional dan SMP Gelora sudah tertera dalam Buku Kuning yang dimiliki SMK Nasional dan Buku Biru yang dimiliki SMP Gelora.

Dalam GOL ini peserta didik baru diarahkan untuk mengetahui dan menjalankan tata tertib dan peraturan selama di sekolah bahkan di luar lingkungan sekolah. Hal ini harus diketahui peserta didik baru yang akan masuk ke dalam lingkungan sekolah baru, yang tadinya bersekolah di SD sekarang peserta didik baru harus beradaptasi dengan sekolah baru di SMP Gelora.

Advertisement

Begitu juga peserta didik baru yang tadinya sekolah di SMP sekarang peserta didik sudah bukan lagi anak SMP sudah masuk sekolah baru di SMK Nasional Depok. Tata tertib dan Peraturan yang berlaku di sekolah harus ditaati dan dijalankan sesuai dengan tata tertib dan ketentuan peraturan yang sudah tertera dalam buku kuning SMK Nasional Depok.

Baca juga Formasi 322 Pemimpin Pembelajaran di Era Merdeka Belajar

SMK Nasional Depok

Dalam buku kuning banyak hal yang harus disosialisasikan kepada peserta didik baru seperti pembentukkan karakter moral, setiap masuk sekolah harus mengucapkan salam dan bersalaman apabila ketemu dengan Guru, Karyawan, teman dan civitas SMK Nasional dalam lingkungan sekolah, hal sederhana ini perlu dilakukan untuk membiasakan diri dalam lingkungan pergaulan sosial yang luas.

Ada juga kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan dalam lingkungan sekolah yang harus diketahui oleh peserta didik baru. Setiap hari peserta didik, sebelum mulai belajar dibiasakan berkumpul dilapangan untuk melaksanakan sholat dhuha, tadarusan, tilawah dan siraman rohani.

Pelaksanaan kegiatan ini diberi waktu kurang lebih 20-30 menit dibimbing dan dipantau oleh Guru dan Kakak kelas di bawah koordinasi Waka Kesiswaan, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap hari sebelum dimulai pelajaran sekolah.

Baca juga Pelayanan Prima GDs Group Dukung Formasi 322

Advertisement

GOL (Ghama Oriented Leader)

MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) di GDS Group dikenal dengan GOL (Ghama Oriented Leader). GOL mengarahkan peserta didik mengenal bagaimana menjadi pemimpin yang berorientasi lebih luas, khususnya kemampuan untuk memimpin dan mengarahkan diri. 

Kegiatan GOL disosialisasikan dengan suasana yang menyenangkan, diselingi dengan yel yel GDS yang spontan akan di jawab “Saya Mampu Memimpin”. Yel-yel ini menjadi pengingat dan penyemangat selama mengikuti kegiatan GOL di lingkungan sekolah.

Dalam kegiatan GOL peserta didik baru diperkenalkan dan diarahkan bagaimana menjalankan Formasi 322 yang akan diimplementasikan di sekolah. Kurikulum sebagai jantungnya pendidikan harus memiliki cara untuk menyampaikannya untuk itu GDS Group akan menggunakan formasi 322 dalam mengimplementasikan kurikulum.

Advertisement

Selama pelaksanaan GOL (Ghama Oriented Leader) kakak kelas tetap masuk untuk mengikuti ABT (Achievement Behaviour Training). Dalam kegiatan ini kakak kelas akan mendapatkan arahan dari Guru pembimbing dan guru bidang studi dalam proses belajar selama mengikuti pelajaran di kelas baru. (P’e / buguruku)

Yel yel GDS “Saya Mampu Memimpin” oleh SMK Ekonomika

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button