Advertisement
Advertisement
IPS Kelas 9Pelajaran IPSSosiologi

Apa Pengaruh Globalisasi bagi kehidupan manusia

Advertisement

Apa Pengaruh Globalisasi bagi kehidupan manusia. Pada materi sebelumnya kita telah membahas tentang perubahan sosial budaya. Proses perubahan sosial budaya di era modern berkaitan erat dengan globalisasi. Globalisasi menciptakan masyarakat dunia saling bergantung dalam berbagai bidang kehidupan.

Ketergantungan antara satu negara terhadap negara lain, misalnya dalam hal sumber pangan. Ada negara yang mengalami kelebihan bahan pangan namun ada juga negara yang kekurangan bahan pangan.

Kenyataan ini mengakibatkan negara yang kekurangan membutuhkan pasokan bahan makanan dari negara yang kelebihan bahan pangan. Indonesia mengimpor beras dari negara lain adalah salah satu contohnya. Hal ini menunjukkan bahwa negara Indonesia masih membutuhkan negara lain untuk membantu memenuhi kebutuhan warganya.

Advertisement

Globalisasi Berasal Dari Kata?

Globalisasi diambil dari kata global (universal). Orang yang pertama kali menggunakan istilah globalisasi adalah Theodore Levitte pada tahun 1985. Apa yang dimaksud dengan globalisasi?

Menurut Waters dalam Kamanto Sunarto (2004), globalisasi adalah suatu proses sosial yang di dalamnya kendala geografi terhadap pengaturan sosial dan budaya menjadi surut dan manusia menjadi semakin sadar bahwa pengaturan tersebut menjadi semakin surut.

Gambar. Sarana Komunikasi dan informasi global membantu manusia bersosialisasi secara global (foto/istimewa)

Globalisasi menjadikan seluruh bangsa dan negara di dunia semakin terkait satu dengan yang lainnya hingga menghilangkan batas antar negara, semua negara di dunia mampu menyatu menjadi satu kesatuan, mewujudkan suatu tatanan kehidupan baru dengan meniadakan batas geografis, ekonomi, sosial, dan budaya.

Baca juga Perkembangan pasar bebas di Era Globalisasi dan Peranan Indonesia

Apa Pengaruh Globalisasi bagi kehidupan manusia. Selain itu, globalisasi mengubah dunia menjadi satu kesatuan yang terwujud dalam bentuk keterkaitan antarbangsa dan antarmanusia. Keterkaitan itu dapat melalui berbagai macam kontak seperti perdagangan, komunikasi, investasi, perjalanan, dan budaya.

Keadaan saling bergantung dan membutuhkan itu tidak hanya terjadi di bidang industri saja, melainkan hampir di semua bidang kehidupan baik iptek, komunikasi, ekonomi, transportasi, ataupun budaya.

Advertisement

Untuk mengetahui, bentuk globalisasi, dampak positif dan negatif globalisasi, serta upaya dalam menghadapi globalisasi marilah kita ikuti pembahasannya pada artikel berikutnya!

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button